Rabu 19 Oct 2022 22:05 WIB

Kemenag Gelar Kongres Aksara Pegon untuk Pertama Kali

Kongres ini enggali informasi mendalam tentang perkembangan dan sejarah aksara pegon.

Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama menggelar Kongres Aksara Pegon untuk pertama kalinya pada 21 hingga 23 Oktober 2022 di Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri 2022.

Kongres yang bertajuk Mengawal Peradaban Melalui Digitalisasi Aksara Pegon ini bertujuan untuk menggali informasi mendalam tentang perkembangan dan sejarah penggunaan aksara pegon.

"Kongres ini juga memberikan gambaran tentang pentingnya standardisasi aksara pegon sekaligus memberikan gambaran luas tentang peluang pemanfaatan digitalisasi aksara pegon," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghofur menjelaskan Kongres Aksara Pegon diikuti peserta dari perwakilan pesantren, kampus dan berbagai unsur pemangku kepentingan dalam pelestarian, penggunaan dan pengembangan aksara pegon.

Waryono berharap perwakilan dari unsur-unsur tersebut dapat memberikan umpan balik yang positif pada kegiatan diskusi dalam rangka penentuan standar dan pengembangan aksara pegon di era digital.

"Untuk proses digitalisasi, kongres ini juga akan menghasilkan rekomendasi perihal pengkodean karakter-karakter aksara pegon yang belum terdaftar di Unicode untuk diajukan ke Unicode," kata dia.

Rekomendasi hasil kongres, lanjut Waryono, dapat menjadi acuan pengkajian dan perencanaan kebijakan di Kementerian Agama terkait pelaziman penggunaan aksara pegon.

"Rekomendasi hasil kongres nanti juga berisi tentang font, tata letak papan tombol dan transliterasi aksara pegon kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN)," kata Waryono.

Aksara pegon merupakanhuruf Arab yang sudah dimodifikasi untuk menuliskan bahasa Jawa, Melayu, Sunda dan sebagainya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement