Kamis 20 Oct 2022 16:20 WIB

Imbas Longsoran, Jalur KA Sumberpucung - Pohgajih Masih Dinormalisasi

Daop 8 menerjunkan alat berat untuk menormalisasi wilayah terdampak.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya masih berupaya melakukan normalisasi jalur KA yang terkena imbas longsoran di petak jalur antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih, Kabupaten Malang.
Foto: dok. Humas PT KAI Daop 8 Surabaya
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya masih berupaya melakukan normalisasi jalur KA yang terkena imbas longsoran di petak jalur antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih, Kabupaten Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya terus berupaya melakukan normalisasi jalur KA yang terkena imbas longsoran di petak jalur antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih, Kabupaten Malang, pada Selasa (18/10/2022). Upaya ini dilakukan untuk memastikan jalur kereta api dapat aman dilalui.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengungkapkan, pihaknya telah melakukan serangkaian penanganan untuk menangani longsoran di KM 85+4/5, KM 84+8/9, KM 82+6/7, dan KM 81+3 Petak jalan Sumberpucung - Pohgajih setelah sebelumnya daerah tersebut diguyur hujan lebat.

Kamis (20/10/2022) pukul 11.00 WIB, jalur KA di lokasi longsoran dapat dilewati KA dengan kecepatan 40 kilometer per jam. "Dan secara berkala akan terus ditingkatkan dengan melihat kondisi di lapangan," kata Luqman.

Untuk normalisasi dan mencegah potensi terjadinya longsoran, Daop 8 Surabaya juga melakukan upaya dengan menguras tanah bekas longsoran. Kemudian memotong pohon yang berpotensi menyebabkan tanah longsor dan mengamankan jalur, melakukan pengecekan pertinggian serta lebar jalur. Selain itu, melaksanakan pengecekan tebing yang longsor.

Pada lokasi longsoran juga telah diperkuat dengan memasang terpal untuk menghindari gerusan akibat aliran air hujan. Kemudian memancang rel, memasang kopel rel dan memasang karung pasir sirtu untuk mencegah longsoran. Selanjutnya, juga menambah batu kerikil di sekitar rel, dan melakukan proses angkat listring.

Adapun kegiatan yang sudah dilakukan dalam penanganan tanah longsor, kata dia, dioptimalkan dengan menerjunkan alat berat untuk normalisasi wilayah terdampak. "Serta pengkajian lanjutan untuk evaluasi dan menentukan langkah selanjutnya,” ujar Luqman saat dikonfirmasi Republika.co.id, Kamis(20/10/2022).

Dengan adanya sejumlah upaya tersebut, pihaknya berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Daop 8 juga menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan KA akibat jalur KA terkena longsoran di petak jalur antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement