Kamis 20 Oct 2022 19:14 WIB

Mendarat di Padang, Kapolda Sumbar yang Baru Sujud Syukur

Irjen Suharyono awalnya tidak masuk dalam telegram rotasi jabatan untuk Sumbar.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ilham Tirta
Irjen Suharyono dilantik sebagai Kapolda Sumatra Barat di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/10/2022).
Foto: Humas Polda Sumbar
Irjen Suharyono dilantik sebagai Kapolda Sumatra Barat di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Polda Sumatra Barat (Sumbar) yang baru dilantik, Irjen Suharyono tiba di Sumbar pada hari ini. Suharyono mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Kamis (20/10/2022) siang.

Saat baru turun dari mobil penjemputan di bandara, Suharyono langsung sujud syukur.

Baca Juga

Kedatangan Kapolda Sumbar yang baru ini disambut oleh Wakapolda, Brigjen Edi Mardianto. "Selamat datang di ranah Minang," kata Edi.

Edi pun memasangkan deta songket sebagai tanda penyambutan Suharyono. Setelah itu, Suharyono diperkenalkan kepada Forkompimda Sumbar, pejabat utama Polda Sumbar, dan Kapolres di Sumbar.

Suharyono awalnya tidak ditunjuk sebagai Kapolda Sumbar. Nama yang muncul bersamaan dengan mutasi Irjen Teddy Minahasa ke Polda Jawa Timur adalah Irjen Rusdi Hartono.

Namun dalam perjalanan, setelah Teddy ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba, telegram tersebut berubah dengan munculnya telegram terbaru Nomor ST/2223/X/KEP/2022 tertanggal 14 Oktober 2022. Irjen Teddy batal ke Jawa Timur dan digantikan oleh Irjen Toni Harmanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Selatan.

Toni sendiri sebelum jadi Kapolda Sumsel diketahui adalah Kapolda Sumbar. Irjen Rusdi Hartono yang seharusnya ke Polda Sumbar, bergeser ke Polda Jambi. Sebagai pengganti, Kapolri menunjuk Irjen Suharyono menjadi Kapolda Sumbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement