Sabtu 22 Oct 2022 13:10 WIB

Muhammadiyah Luncurkan Wikimu Ensiklopedia

Wikimu Ensiklopedia sebagai jejak Muhammadiyah di era digital.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir. Muhammadiyah Luncurkan Wikimu Ensiklopedia
Foto: Dokumen
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir. Muhammadiyah Luncurkan Wikimu Ensiklopedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampaikan selamat atas peluncuran Wikimu Ensiklopedia Muhammadiyah sebagai langkah baru sekaligus tonggak serangkai dari jejak Muhammadiyah di era digital. Di era revolusi 4.0 kehadiran Wikimu merupakan ikhtiar untuk mengembangkan ensiklopedia Muhammadiyah secara digital.

"Dengan Wikimu maka diharapkan berbagai macam informasi pengetahuan isu-isu yang terkait dengan Muhammadiyah dalam berbagai aspeknya dapat ditelusuri, dapat diakses, dan menjadi informasi rutin yang akurat mengenai persyarikatan Muhammadiyah," kata Prof Haedar dalam acara Peluncuran Wikimu.org dan Diskusi Media bertema Transformasi Muhammadiyah di Era Digital, Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga

Prof Haedar menyampaikan Wikimu yang diterbitkan dan dikelola oleh Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah melengkapi berbagai program Muhammadiyah yang menampilkan segala isu, pemikiran dan informasi Muhammadiyah, khususnya dalam sistem digital. Wikimu ini merupakan keniscayaan baru ketika Muhammadiyah dituntut zaman yang selalu lekat dengan berbagai bentuk sistem digital.

"Insya Allah dengan Wikimu maka Muhammadiyah akan menjadi organisasi yang semakin terpublikasi luas secara masif, mudah, cepat dan akurat," ujarnya.

Prof Haedar menambahkan, selain menyampaikan selamat juga menyampaikan harapan agar Wikimu betul-betul dikelola dan menyajikan informasi yang sebenar mungkin, sebaik mungkin, dan seakurat mungkin. Sehingga kesahihannya dapat diterima masyarakat luas dan menjadi rujukan publik.

"Sekaligus juga tentu kami harapkan sajiannya (Wikimu) jauh lebih menarik sehingga kaum milenial sekalipun dan berbagai segmen sosial masyarakat dari berbagai kita dapat mengaksesnya dengan senang, mudah dan sahih," jelas Prof Haedar.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah berharap, semoga Wikimu dapat menjadi langkah dan jejak baru Muhammadiyah dalam mengemban misi dakwah dan tajdid di era baru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement