Sabtu 22 Oct 2022 17:26 WIB

Di Hari Santri, Baznas Sukabumi Gulirkan Beasiswa Tahfidz 1 Kecamatan 1 Tahfidz Quran

Baznas menganggarkan dana Rp 144.000.000 untuk peserta Program Beasiswa Tahfidz ini

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Penyaluran program Beasiswa Tahfidz yang digulirkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi dengan mengusung tema 1 Kecamatan 1 Tahfidz Qur’an di momen Hari Santri di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Sabtu (22/10/2022).
Foto: baznas sukabumi
Penyaluran program Beasiswa Tahfidz yang digulirkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi dengan mengusung tema 1 Kecamatan 1 Tahfidz Qur’an di momen Hari Santri di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Sabtu (22/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Upaya mendorong generasi muda muslim mencintai Alquran dan mengamalkannya terus dilakukan di Kota Sukabumi. Hal ini ditunjukkan dengan program Beasiswa Tahfidz yang digulirkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi dengan mengusung tema 1 Kecamatan 1 Tahfidz Qur’an

'' Di momen hari santri yang ke -7, Baznas Kota Sukabumi merealisasikan beberapa program pendistribusian yang telah menjadi Program BANAS Kota Sukabumi di tahun 2022,'' ujar Ketua Baznas Kota Sukabumi, Miftah Amir, Sabtu (22/10/2022). Di antara program yang digulirkan adalah program Beasiswa Tahfidz dengan mengusung tema 1 Kecamatan 1 Tahfidz Qur’an

Baca Juga

Miftah menerangkan, Baznas menganggarkan dana Rp 144.000.000 untuk peserta Program Beasiswa Tahfidz 1 kecamatan 1 Hafidz Qur’an. Di mana yang lolos seleksi pada tahun 2022, dengan nominal per santri senilai Rp 36.000.000 selama 2 tahun.

Sesuai dengan temanya ungkap Miftah, tujuan Baznas menggulirkan program ini adalah untuk menebar Hafidz Hafidzhoh di Kota Sukabumi 1 kecamatan 1 hafidz atau hafidzhoh. Semoga dengan demikian dapat berkontribusi dalam membangun Kota Sukabumi yang tambah religius, nyaman, dan sejahtera (Renyah) dan barokah.

Program ini kata Miftah, telah melalui beberapa tahapan, diawali dari pendaftaran yang di buka pada 26 September 2022 hingga 7 Oktober 2022 lalu. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 24 orang santri dan setelah dilakukan seleksi administrasi pada 10-11 Oktober 2022 yang lolos secara administrasi adalah 15 orang santri.

Tahap selanjutnya terang Miftah, 15 santri yang lolos secara administrasi kemudian dilakukan tes hafalan dan wawancara yang dilaksanakan pada 13 Oktober 2022 oleh juri Al-Qur’an profesional. Dari hasil tes tersebut maka yang terpilih menjadi penerima Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an BAZNAS Tahun 2022 ini adalah empat orang mewakili empat kecamatan yaitu Kecamatan Warudoyong, Cikole, Citamiang dan Gunung Puyuh.

Adapun tiga kecamatan yaitu Kecamatan Lembursitu, Cibeureum dan Baros dilihat dari beberapa tahapan seleksi diatas belum ada peserta yang lolos. Nantinya empat orang penerima beasiswa ini mendapatkan bentuk bantuan yang diberikan pada program beasiswa tahfidz Qur’an ini.

Di antaranya adalah biaya pendidikan dan uang saku selama dua tahun dengan syarat berdomisili dari Kota Sukabumi, hafal minimal 5 Juz, berkomitmen belajar dan menghafal Qur’an hingga mutqin dan siap untuk mengambil jenjang Sanad. Harapannya program ini memberikan keberkahan pada Kota Sukabumi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement