Senin 24 Oct 2022 08:00 WIB

Erick Thohir Mahasiswa Harus Punya Growth Mindset

Erick berharap generasi muda Indonesia tidak terlelap dengan kemajuan teknologi

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menurut Menteri BUMN Erick Thohir mahasiswa  harus memiliki growth mindset di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat ini. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Menurut Menteri BUMN Erick Thohir mahasiswa harus memiliki growth mindset di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat ini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan mahasiswa harus punya optimisme, adaptif, banyak belajar dan berkarya (fixed mindset). Menurut Erick, mahasiswa juga harus memiliki growth mindset di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat ini.

Erick menjelaskan, mahasiswa yang punya growth mindset adalah individu yang percaya bahwa bakat dapat terus berkembang, sedangkan fixed mindset adalah individu yang percaya bahwa bakat adalah alami. Dan biasanya mahasiswa sering tertutup.

Baca Juga

Menurut Erick, mahasiswa harus punya peran dalam transformasi besar-besaran yang terjadi di semua aspek, termasuk ekonomi. Perubahan ini harus dipandang sebagai peluang untuk terus tumbuh dan mengembangkan kompetensi diri.

“Dunia sekarang mengalami digitalisasi dan ini berkembang ke arah sana. Nah, kecakapan ini yang wajib dimiliki teman-teman mahasiswa bahkan siapa pun. Sudah saatnya mahasiswa gerak cepat kuasai apa yang harus dikuasai, agar bisa mencetak blueprint yang baru,” ujar Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Erick mengharapkan generasi muda Indonesia tidak terlelap dengan kemajuan teknologi, tetapi mengambil peran penting di dalamnya termasuk dalam menentukan masa depan ekonomi Indonesia. “Masa depan bangsa ini ada di tangan generasi muda dan mahasiswa. Mulailah ambil peran sekarang, hadirkan terobosan, ciptakan inovasi,” ucap Erick dalam Kuliah Umum oleh BEM Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Graha Unesa.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unesa Suprapto mengatakan kegiatan ini adalah kesempatan yang harus benar-benar dimanfaatkan mahasiswa untuk menyelami ilmu, mencari pengalaman, dan memanfaatkan waktu yang ada untuk mengeksplorasi diri.

“Seperti yang disampaikan tadi, mahasiswa perlu banyak belajar dan fokus ke pengembangan diri. Ini bisa dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Pemerintah lewat kampus meluncurkan program unggulan yang bisa dimanfaatkan agar mahasiswa siap menghadapi dan menentukan arah bangsa ini ke depan,” kata Suprapto.

Lebih jauh Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Anang Kistyanto mengatakan Unesa ke depan akan terus berkolaborasi dan berinovasi untuk mengembangkan dunia digitalisasi yang merupakan bagian dari upaya untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi dan literasi digital yang kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement