Senin 24 Oct 2022 15:35 WIB

ICMI Tegaskan tak Ikut Politik Praktis 2024

ICMI mendorong politik yang bisa bermartabat, politik yang berbasis dengan nilai.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Fernan Rahadi
Logo ICMI
Foto: Dok ICMI
Logo ICMI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang tahun politik 2023-2024 Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menegaskan tidak akan ikut partisipasi dalam politik praktis. Hal ini disampaikan Ketua Umum ICMI Arif Satria

Menurut Arif, alasan ICMI mengambil sikap tidak akan ikut partisipasi dalam politik praktis untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak sistem berbangsa dan bernegara.

"Untuk menghindari hal-hal yang mungkin dapat merusak sistem berbangsa dan bernegara, sehingga ICMI tidak ingin ikut atau masuk dalam politik praktis," ujarnya, dalam keterangan pers, Senin (24/10/2022).

Kendati demikian, ICMI berpolitik moral dengan menyiapkan konsep, pemikiran yang akan disampaikan kepada calon-calon pemimpin nantinya. Di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nantinya, sambung Arif Satria, ICMI akan menyiapkan berbagai konsep untuk membantu dan mendukung langkah yang bijak bagi pemimpin yang baru.

"Kami menyiapkan konsep bangsa Indonesia yang saat ini sudah dipersiapkan salah satunya terkait pangan dan yang kedua adalah politik," kata dia.

ICMI kata Arif Satria, mendorong politik yang bisa bermartabat, politik yang berbasis dengan nilai. Menurutnya politik seperti adalah politik yang ideal.

"Bukan politik tersensasional. Kita harus mendorong satu kultur politik yang baru di Indonesia," kata Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement