Senin 24 Oct 2022 22:09 WIB

Sumsel Tarik Lima Obat Sirup Anak Terkait Gangguan Ginjal Akut

Penarikan obat sirup anak masih berlangsung di Sumatera Selatan.

Seorang apoteker menunjukkan obat sirup di apotek.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Seorang apoteker menunjukkan obat sirup di apotek.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Tim Dinas Kesehatan Sumatra Selatan melakukan pengawasan dan penarikan lima jenis obat sirup penurun panas dan batuk untuk anak dari apotek guna mencegah bertambahnya kasus gangguan ginjal akut. "Beberapa hari ini tim mulai turun ke lapangan dan menarik lima jenis obat sirup yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak yang marak akhir-akhir ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Trisnawarman, di Palembang, Senin.

Menurut dia, lima jenis obat sirup yang menjadi sasaran untuk ditarik dari pasaran yakni Termorex sirup (obat demam), Flurin DMP sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Cough sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Demam sirup, dan Unibebi Demam Drops (obat demam). Kegiatan pengawasan dan penarikan masih berlangsung, belum ada laporan dari tim di lapangan berapa banyak produk obat sirup yang telah diamankan agar tidak beredar ke masyarakat.

Baca Juga

Bagi apotek yang masih menyimpan stok lima jenis obat sirup tersebut dan belum dikunjungi tim, diminta untuk menghentikan penjualan. Dukungan dari pengelola apotek untuk menghentikan penjualan obat sirup untuk anak yang sementara dinyatakan dilarang beredar sangat membantu tim penarikan yang jumlah personelnya terbatas.

"Melalui upaya tersebut diharapkan wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu, bisa bersih dari obat sirup yang dilarang beredar itu dan dapat melindungi anak-anak dari ancaman penyakit gagal ginjal," kata Trisnawarman.

Sebelumnya tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Palembang, Sabtu (22/10/2022), menyita ratusan botol obat batuk dan penurun panas jenis sirup untuk anak yang dilarang beredar karena diduga menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut pada anak-anak.

Obat sirup yang disita itu yakni Termorex 60 ml sebanyak 18 botol, Termorex 30 ml sebanyak 20 botol dan Unibebi Cough Sirop 234 botol.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement