Selasa 25 Oct 2022 13:15 WIB

Aktivis Lempar Kue Cokelat ke Patung Lilin Raja Charles III di Museum Madam Tussauds

Aktivis Just Stop Oil melemparkan kue cokelat ke patung lilin Raja Charles III

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Dua aktivis dari kelompok Just Stop Oil telah melemparkan kue cokelat ke patung lilin Raja Charles III di Museum Madame Tussauds
Foto: AP/Henry Nicholls/Reuters Pool
Dua aktivis dari kelompok Just Stop Oil telah melemparkan kue cokelat ke patung lilin Raja Charles III di Museum Madame Tussauds

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dua aktivis dari kelompok Just Stop Oil telah melemparkan kue cokelat ke patung lilin Raja Charles III di Museum Madame Tussauds. Aktivis iklim tersebut menuntut pemerintah menghentikan semua izin baru terkait industri minyak dan gas.

Eilidh McFadden (20 tahun) dari Glasgow, dan Tom Johnson (29 tahun) melemparkan kue cokelat ke patung lilin Raja Charles III. Mereka mengatakan, aksi ini sebagai upaya agar pemerintah dan seluruh pihak berwenang menjaga bumi dari kepunahan.

Baca Juga

"Kami di sini karena kami berusaha untuk melindungi kebebasan dan hak kami, karena kami berusaha untuk melindungi tanah hijau yang merupakan warisan kita semua. Tuntutannya sederhana, hentikan (izin baru) minyak dan gas. Ini sangat mudah," ujar pernyataan kedua aktivis iklim itu, dilansir Sky News, Selasa (25/10/2022).

Polisi Metropolitan menanggapi dengan cepat insiden di Madame Tussauds setelah dua orang melemparkan makanan ke sebuah patung sekitar pukul 10:50 waktu setempat. "Mereka berdua telah ditangkap karena kerusakan kriminal," ujar pernyataan Polisi Metropolitan.

Polisi kemudian mengkonfirmasi bahwa empat orang telah ditangkap. Just Stop Oil mengatakan, ini adalah hari ke-24 mereka melakukan aksi protes. Dalam aksi protes sebelumnya para aktivis menempelkan diri di persimpangan Abbey Road yang terkenal di London. Sementara aktivis lainnya telah memanjat Jembatan Ratu Elizabeth II setinggi 200 kaki (60 m) di atas Dartford Crossing, yang harus ditutup selama 36 jam dan menyebabkan penundaan enam jam di sebagian besar M25.

Dua pengunjuk rasa Just Stop Oil juga melemparkan sup tomat ke atas lukisan Bunga Matahari karya Van Gogh di Galeri Nasional di London. Pada Ahad (23/10/2022) kelompok Just Stop Oil memuji para aktivis di Jerman yang melemparkan kentang tumbuk ke atas lukisan Les Meules karya Claude Monet, yang terjual seharga 110 juta dolar AS pada 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement