Selasa 25 Oct 2022 17:26 WIB

Gus Yahya Minta LD PBNU Buat Strategi Dakwah Menyeluruh

Gus Yahya berharap praktik dakwah di lingkungan NU lebih menjangkau masyarakat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf. Gus Yahya Minta LD PBNU Buat Strategi Dakwah Menyeluruh
Foto: Istimewa
Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf. Gus Yahya Minta LD PBNU Buat Strategi Dakwah Menyeluruh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengarahkan Lembaga Dakwah (LD) PBNU agar membuat strategi dakwah yang menyeluruh. Hal tersebut disampaikannya di rapat kerja nasional (Rakernas) LD PBNU Ke-IX di Asrama Haji Pondok Gede pada Selasa (25/10/2022).

Gus Yahya mengatakan, Lembaga Dakwah PBNU diarahkan untuk membuat kebijakan-kebijakan tentang strategi dakwah NU secara menyeluruh. Jadi bukan hanya membuat agenda-agenda kegiatan tapi membangun suatu strategi menyeluruh dan secara nasional tentang pengembangan dakwah NU, baik di dalam negeri maupun di dalam platform-platform internasional.

Baca Juga

"Sehingga nanti diharapkan praktik-praktik dakwah di lingkungan NU ini akan lebih tertata, lebih menjangkau semua segmen masyarakat yang ada, dan lebih terarah karena strategi yang solid," kata Gus Yahya kepada Republika di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa (25/10/2022).

Gus Yahya juga menyampaikan tentang paradigma organisasi bahwa Lembaga Dakwah PBNU ini adalah badan pembuat kebijakan. Nanti kebijakan itu akan dilaksanakan oleh instrumen-instrumen NU yang lain, terutama oleh badan-badan otonom.

Gus Yahya juga berpesan, Lembaga Dakwah PBNU harus punya kesadaran tentang segmentasi masyarakat yang beragam dan masing-masing membutuhkan metode atau pendekatan dakwah yang berbeda-beda. Oleh karena itu harus ada pendekatan yang beragam juga. Maka pendekatannya tidak hanya dengan ceramah-ceramah saja, tapi juga dengan pendekatan-pendekatan lain yang lebih bisa efektif diterima oleh segmen masyarakat yang ada.

"Selanjutnya, harus disadari tentang kebutuhan untuk meragamkan platform dari kegiatan dakwah itu sendiri. Selama ini, NU lebih banyak mengelola platform-platform tradisional seperti pesantren dan pengajian umum. Tapi sekarang harus bisa dibangun strategi yang bisa menjangkau semua platform yang tersedia, terutama platform internet," ujar Gus Yahya.

Ia menegaskan, NU harus bisa memanfaatkan media sosial, halaman-halaman internet untuk platform dakwah. Selanjutnya, yang dibutuhkan adalah wawasan yang lebih luas. Karena globalisasi yang sudah sedemikian rupa ini telah mengikat seluruh warga dunia yang tidak bisa terlepas dari dinamika global secara keseluruhan.

"Maka strategi dakwah juga harus menyadari posisinya dalam keseluruhan dinamika global, jadi ini prinsip-prinsip dari kebijakan-kebijakan yang harus dibuat di lembaga dakwah NU," jelas Gus Yahya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement