Rabu 26 Oct 2022 12:15 WIB

Kemenag Beri Penyuluhan Manasik Haji di Sulut

Penyelenggara diminta melakukan manasik haji dengan sederhana namun berkualitas.

Kemenag Beri Penyuluhan Manasik Haji di Sulut
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kemenag Beri Penyuluhan Manasik Haji di Sulut

IHRAM.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) memberikan penyuluhan manasik haji kepada calon jamaah haji di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulut Sarbin Sehe mengatakan penyuluhan manasik haji ini dilakukan kepada seluruh calon jamaah haji 2023 dari Kotamobagu. Sarbin mengatakan ibadah haji adalah ibadah yang waktu dan tempatnya sudah ditentukan.

Baca Juga

"Haji tidak bisa dilaksanakan di luar musim haji yaitu hanya di bulan Dzulhijjah saja dan tempatnya pun harus di Makkah dan Madinah, inilah yang membuat umat Muslim harus mengantre porsi keberangkatan," katanya, Selasa (25/10/2022).

Antrean pemberangkatan haji di Sulut sekitar 17 tahun. Menurut Sarbin, hal ini adalah sebuah perjuangan yang sangat panjang. Ia sangat berharap agar ke depan kuota haji Sulut bisa ditambah dan tak ada lagi pembatasan usia.

Bagi penyelenggara manasik haji, khususnya di Kota Kotamobagu ia berpesan agar tetap melakukan manasik haji dengan sederhana namun berkualitas. Hal ini agar masyarakat benar-benar memahami apa yang namanya Ibadah Haji itu, sambil terus mengupdate informasi Haji (Siskohat).

Dia menjelaskan manasik haji adalah sebuah praktik pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan ini, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan haji yang akan ditunaikan, mulai dari rukun, persyaratan, wajib, sunnah haji maupun hal-hal yang dilarang selama pelaksanaan haji.

Pelaksanaan manasik bertujuan membantu calon jamaah memahami tata cara dan alur ibadah haji sebelum melakukan haji sebenarnya. Selain itu, katanya, jamaah juga akan mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.

Dengan begitu, kecil kemungkinan ibadah haji yang dilakukannya akan rusak atau batal sehingga tidak perlu lagi mengulangi di musim haji berikutnya. "Karenanya, sangat dianjurkan sekali bagi calon jamaah untuk mengikuti manasik haji," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement