Kamis 27 Oct 2022 15:10 WIB

Kementerian Pariwisata Mesir Terapkan Aturan Umroh Musim Ini

Portal umroh Mesir, E-Serve, telah dibuka untuk jamaah yang ingin berumroh.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Umat Muslim melakukan Tawaf Perpisahan di sekitar Kabah di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, 11 Juli 2022. Kementerian Pariwisata Mesir Terapkan Aturan Umroh Musim Ini
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Umat Muslim melakukan Tawaf Perpisahan di sekitar Kabah di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, 11 Juli 2022. Kementerian Pariwisata Mesir Terapkan Aturan Umroh Musim Ini

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan akan mengadopsi semua peraturan yang diperlukan untuk mengatur perjalanan umroh musim 1444 H. Informasi ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Purbakala untuk Urusan Pariwisata, Ghada Shalabi.

Sebuah pertemuan dilakukan pada awal pekan ini, dengan tujuan menindaklanjuti perkembangan terbaru tentang musim umroh untuk tahun Hijriyah saat ini, yang dimulai pada 1 Oktober. Pejabat Kementerian Pariwisata dan Purbakala mengatakan portal umroh Mesir, E-Serve, telah dibuka untuk perusahaan yang terdaftar di kementerian pelaksana program umroh, serta warga yang ingin melakukan ritual keagamaan.

Baca Juga

Dilansir di Egypt Independent, Kamis (27/10/2022), semua tindakan yang diambil merupakan bagian dari upaya kementerian untuk melestarikan hak-hak peziarah dan memantau layanan yang ditawarkan kepada mereka.

Kementerian lantas mendesak masyarakat untuk menghubungi hotline Kementerian Pariwisata dan Purbakala 19654, jika ada keluhan. Panduan pengendalian dari kementerian untuk organisasi perjalanan umroh termasuk aturan umum, prosedur dan persyaratan khusus bagi jamaah sebelum dan sesudah melakukan ritual umroh, sebelum kembali ke Mesir dan ketika tiba di pelabuhan Mesir.

Tak hanya itu, mereka juga menetapkan sejumlah aturan dan prosedur untuk perusahaan pariwisata yang menyelenggarakan perjalanan umroh, serta aturan dan prosedur untuk residensi di Makkah dan Madinah.

Langkah-langkah tersebut mencakup mekanisme kerja komite kementerian, aturan agen, maskapai swasta, maupun aturan kontrak dengan lembaga proxy Saudi, sekaligus prosedur eksekutif untuk menangani portal umroh Mesir. Aturan dan prosedur ini menetapkan banyak hal, termasuk kebutuhan perusahaan pariwisata yang melaksanakan perjalanan umroh 1444 H mematuhi prosedur dan kontrol kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Kependudukan Mesir, maupun Kerajaan Arab Saudi.

Mereka juga diminta untuk menyerahkan semua deklarasi dan surat keterangan sehat bagi jamaah terkait musim umroh tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement