Kamis 27 Oct 2022 18:00 WIB

Pemerintah Tambah Jutaan Stok Vaksin Covid-19 Akhir Oktober Ini

Tambahan stok vaksin untuk mengisi kebutuhan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham Tirta
Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah berencana menambah jutaan stok vaksin Covid-19 pada akhir Oktober ini. Tambahan stok vaksin untuk mengisi kebutuhan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

"Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sedang merencanakan penambahan jutaan stok vaksin pada akhir bulan Oktober untuk mengisi stok vaksin di beberapa daerah," ujar Wiku dalam konferensi persnya secara virtual, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga

Wiku mengakui, saat ini terjadi kekurangan stok vaksin Covid-19 di beberapa wilayah kabupaten/kota di Indonesia. Ini lantaran laju vaksinasi Covid-19, khususnya booster terus berlanjut.

Wiku juga meminta pemerintah daerah mengoptimalkan distribusi vaksin demi ketersediaan stok vaksin di masyarakat. "Kepada pemerintah daerah nantinya untuk dapat mengoptimalkan distribusi vaksin yang ada sampai di tingkat kabupaten kota dan memastikan kebutuhan vaksinasi masyarakat sampai dengan terlengkap dan terpenuhi," ujar Wiku.

Selain itu, Wiku juga kembali mengimbau masyarakat yang belum divaksin booster untuk melakukan vaksinasi. "Tidak hentinya saya ingatkan untuk masyarakat lainnya untuk memanfaatkan stok yang saat ini masih tersedia untuk melakukan vaksinasi booster," ujar Wiku.

Sebelumnya, stok vaksin Covid-19 di beberapa daerah di Tanah Air dilaporkan kosong. Di antaranya di Jawa Barat, DKI Jakarta di tengah kewajiban vaksin booster sebagai syarat perjalanan menggunakan kereta api dan pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement