Senin 31 Oct 2022 05:56 WIB

Apple Peringatkan Mungkin Sulit Beli iPhone 14 Pro pada Musim Liburan

Apple mengatakan penjualan lini ponsel iPhone 14 naik menjadi 42,6 miliar dolar AS.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Appe 14 pro max.
Foto: EPA
Appe 14 pro max.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Produk Apple iPhone 14 Pro tampaknya populer dengan eksekutif mengatakan perusahaan belum memenuhi permintaan sebulan setelah rilis awal meskipun masalah rantai pasokan telah mereda. Komentar tentang kesuksesan penjualan ponsel merupakan kabar positif di tengah peringatan situasi ekonomi yang memburuk.

Apple mengatakan penjualan lini ponsel iPhone 14 naik menjadi 42,6 miliar dolar AS, naik 10 persen dari 38,9 miliar dolar AS pada waktu yang sama tahun sebelumnya. Kesuksesan iPhone yang berkelanjutan mengikuti kenaikan serupa dalam penjualan keseluruhan, naik 8 persen menjadi 90,1 miliar dolar AS dan keuntungannya, kurang dari 1 persen menjadi 20,7 miliar dolar AS.

Baca Juga

Beberapa keberhasilan Apple datang dari komputer Mac yang baru diperbarui, Apple Watch Series 8 yang ditingkatkan 399 dolar AS, desain ulang AirPods Pro 249 dolar AS, dan Apple Watch Ultra 799 dolar AS yang baru diumumkan. Namun, produk terpentingnya adalah ponsel seri iPhone 14 yang dijual mulai dari 799 dolar AS dan menghasilkan hampir setengah dari pendapatan perusahaan secara keseluruhan.

Terlepas dari laporan Apple yang relatif sukses, CEO Apple Tim Cook mengakui bahwa ekonomi terlihat semakin sulit. "Banyak orang di banyak tempat sedang berjuang. Kita masih hidup melalui masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Cook, dilansir CNET, Senin (31/10/2022).

Saham Apple naik 8 persen menjadi 156,47 dolar AS per saham sehari setelah melaporkan pendapatan. Namun, sahamnya turun sekitar 14 persen sepanjang tahun ini sehingga nilai perusahaan sekitar 2,5 triliun dolar AS.

Sementara itu, raksasa teknologi lainnya, termasuk induk Google Alphabet, induk Facebook Meta dan Amazon juga terkena masalah ekonomi. Analis mencatat meskipun Apple melaporkan peningkatan penjualan iPhone, penjualan tidak melonjak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Ini menunjukkan potensi permintaan yang lebih rendah atau lebih banyak orang telah beralih ke lini iPhone 14 Pro yang terbatas pasokannya. “Kami terus khawatir tentang pertumbuhan unit iPhone di tengah siklus penggantian setelah dua tahun penjualan yang kuat, khususnya di China dan konsumen yang semakin tertekan," tulis analis Bernstein Research Toni Sacconaghi.

Meskipun Apple tidak lagi melaporkan penjualan unit iPhone, Sacconaghi mengharapkan perusahaan untuk menjual perangkat 7 persen lebih sedikit daripada tahun ini. Selain iPhone, Apple mengatakan pihaknya menghitung pertumbuhan penjualan di setiap kategori produk utamanya, kecuali iPad yang penjualannya turun 13 persen menjadi hampir 7,2 miliar dolar AS dari waktu yang sama tahun lalu. Penjualan naik di hampir setiap pasar utama, termasuk kenaikan 6 persen di China, penjualan 8 persen lebih tinggi di Amerika, dan lonjakan hampir 10 persen dalam penjualan Eropa. Namun, di Jepang, penjualan turun hampir 10 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement