Senin 31 Oct 2022 10:51 WIB

Sheikh Al Issa Berharap Forum R20 Berdampak pada Perdamaian Dunia

R20 menjadi momentum untuk mendapat dukungan publik bagi dunia yang lebih adil.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Cendekiawan Arab Saudi terkemuka yang merupakan anggota Dewan Ulama Senior dan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Sheikh Muhammad Al Issa. Sheikh Al Issa Berharap Forum R20 Berdampak pada Perdamaian Dunia
Foto: Saudi Gazette
Cendekiawan Arab Saudi terkemuka yang merupakan anggota Dewan Ulama Senior dan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Sheikh Muhammad Al Issa. Sheikh Al Issa Berharap Forum R20 Berdampak pada Perdamaian Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Penyelenggaraan Forum Religion of Twenty (R20) sudah di depan mata. Forum internasional yang menjadi bagian dari Presidensi G20 ini akan digelar di Nusa Dua, Bali pada 2-3 November 2022. Sekretaris Jenderal Rabitah al-'Alam al-Islami atau Liga Muslim Dunia berharap Forum R20 ini bisa berdampak pada pembangunan perdamaian di dunia.

Sehari setelah kedatangan di Bali, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Sheikh Mohammed Al Issa berkunjung ke rumah jabatan Gubernur Bali pada Ahad (30/10/2022) siang. Dia berkunjung bersama rombongan Rabitah al-'Alam al-Islami dan beberapa pengurus PBNU.

Baca Juga

Juru Bicara Forum R20 Muhammad Najib Azca menjelaskan dalam kesempatan tersebut, Syekh Al-Issa menyampaikan kepada Wayan Koster tentang kegembiraannya bisa hadir di Bali dan bisa menjadi bagian dari penyelenggara Forum R20. “Beliau (Sheikh Al Issa) sangat berharap ini betul-betul memang menjadi acara yang berkesan, acara yang berdampak, acara yang akan memiliki pengaruh besar dalam pengembangan dan pembangunan perdamaian dunia,” ujar Najib dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (31/10/2022).

Menurut Najib, kedatangan rombongan Rabitah al-'Alam al-Islami dan PBNU ini disambut secara sangat baik oleh Gubernur Bali I Wayan Koster. “Gubernur sangat antusias, sebagai seorang gubernur di sebuah provinsi dengan penduduk mayoritas Hindu, beliau menerima Sekretaris Jenderal organisasi sangat penting dari negara Islam yang sangat amat terkemuka," ucap Najib yang juga Wasekjen PBNU.

Wayan Koster berharap R20 menjadi momentum untuk mendapat dukungan publik bagi dunia yang lebih adil. “Apalagi pelaksanaannya di Bali, supaya kekuatan spiritual yang memancar dari Bali ini bisa berembus ke masyarakat dunia untuk menciptakan tatanan dunia baru," ucap Koster.

Setelah 30 menit melakukan perbincangan, Wayan Koster menerima cenderamata dari Syekh Al-Issa berupa miniatur pohon kurma berwarna dominan emas. Sedangkan Wayan Koster menyerahkan kain tradisional Bali kepada Sheikh Al Issa.

Sheikh Al Issa sudah tiba di Denpasar pada Sabtu (29/10/2022) pukul 14.55 waktu setempat. Kedatangannya disambut secara langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di ruang VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Setelah melakukan penyambutan, Sheikh Al Issa dan Gus Yahya menaiki mobil yang sama menuju kawasan Nusa Dua.

Sheikh Al Issa datang ke Indonesia dalam kapasitas sebagai Sekjen Liga Muslim Dunia, organisasi yang menjadi co-chair sekaligus co-host R20 bersama PBNU. Setelah mengikuti R20 di Bali, Sheikh Al Issa juga dijadwalkan akan datang ke Yogyakarta. Di sana, ia beserta para delegasi R20 akan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Borobudur. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement