Rabu 02 Nov 2022 08:01 WIB

Rusia Siap Tingkatkan Hubungan Dengan Liga Arab

Rusia siap meningkatkan hubungan dengan anggota Liga Arab demi keamanan regional

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Rusia siap untuk meningkatkan hubungan dengan anggota Liga Arab untuk membantu memperkuat keamanan regional dan global.
Foto: Mikhail Metzel, Sputnik, Kremlin Pool Photo v
Rusia siap untuk meningkatkan hubungan dengan anggota Liga Arab untuk membantu memperkuat keamanan regional dan global.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia siap untuk meningkatkan hubungan dengan anggota Liga Arab untuk membantu memperkuat keamanan regional dan global. Kantor berita Rusia, TASS melaporkan, pesan ini ditujukan kepada para pemimpin Arab menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab yang dimulai pada Selasa (1/11/2022) malam.

Dalam pesannya, Presiden Vladimir Putin menyuarakan pentingnya kerja sama untuk menghadapi ancaman dan tantangan yang dihadapi dunia saat ini. "Tidak diragukan lagi, tugas untuk memperbaiki situasi internasional dan menentang ancaman dan tantangan zaman adalah dengan meningkatkan permintaan upaya kolektif yang terkoordinasi, dan secara signifikan meningkatkan pentingnya organisasi perwakilan seperti Liga Arab,” kata Putin.

Putin menambahkan, upaya untuk meningkatkan kemitraan antara Rusia dan negara-negara Arab sejalan dengan kepentingan bersama, serta kebutuhan untuk memastikan perdamaian dan stabilitas global. Liga Arab akan mengadakan pertemuan puncak tahunan pertamanya selama tiga tahun di Aljazair.

Pertemuan tingkat tinggi Liga Arab telah ditangguhkan selama pandemi Covid-19. KTT terakhir Liga Arab diadakan di Tunis pada Maret 2019.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, Presiden UEA Mohammed bin Zayed, dan Raja Maroko Mohammed VI mengkonfirmasi tidak akan hadir dalam KTT Liga Arab di Aljazair. Sementara presiden Mesir dan Tunisia serta raja Kuwait dan Qatar termasuk di antara dua pertiga pemimpin yang akan hadir.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement