Kamis 03 Nov 2022 20:13 WIB

Eropa Tanggung Beban Perubahan Iklim Berat, Panasnya Meningkat Dua Kali Lipat

Cuaca panas di Eropa meningkat lebih cepat dibandingkan benua lainnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Seorang turis memeriksa ponselnya ketika yang lain mengambil foto Tower Bridge di tepi selatan sungai Thames, di London, Inggris.
Foto: AP/Manish Swarup
Seorang turis memeriksa ponselnya ketika yang lain mengambil foto Tower Bridge di tepi selatan sungai Thames, di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Laporan baru oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) menemukan benua Eropa menanggung beban perubahan iklim, pemanasan pada tingkat yang dua kali lebih cepat dari rata-rata global. Laporan tersebut menganalisis data selama 30 tahun dari tahun 1991 dan seterusnya, mengungkapkan tren pemanasan cepat yang membingungkan di seluruh Eropa yang lebih cepat daripada pemanasan yang dialami oleh benua lain mana pun.

Dilansir dari Space, Kamis (3/11/2022), suhu rata-rata di Eropa meningkat pada tingkat 0,5 derajat Celcius (0,9 derajat Fahrenheit) per dekade selama periode penelitian, mencapai rata-rata keseluruhan 2,2 derajat Celcius ( 4 derajat Fahrenheit) di atas tingkat pra-industri. Itu jauh di atas batas 1,5 derajat Celcius (2,7 derajat Fahrenheit) yang ditetapkan oleh komunitas klimatologi internasional dengan tujuan meminimalkan dampak lingkungan yang merusak dari perubahan iklim.

Baca Juga

Laporan, yang disusun bekerja sama dengan program pengamatan Bumi Eropa Copernicus, menyatakan bahwa orang Eropa sudah merasakan sejumput pemanasan ini. Menurut perkiraan, musim panas 2022 adalah yang terkering dalam 500 tahun, dengan kekurangan air yang meluas dan kebakaran hutan yang memengaruhi bahkan negara-negara yang biasanya terbiasa dengan musim panas yang lebih basah.

Gletser Alpen kehilangan ketebalan es sekitar seratus kaki (30 meter) dari tahun 1997 hingga 2021 sebagai akibat dari pemanasan, menurut laporan tersebut. Pada tahun 2021 saja, bencana terkait cuaca, sebagian besar terkait dengan banjir dan badai, menyebabkan kerusakan senilai 50 miliar dolar AS di seluruh negara Eropa.

“Eropa menyajikan gambaran langsung tentang dunia yang memanas dan mengingatkan kita bahwa bahkan masyarakat yang siap sekalipun tidak aman dari dampak peristiwa cuaca ekstrem,” Petteri Taalas, Sekretaris Jenderal WMO, mengatakan dalam pernyataan Copernicus yang menyertai laporan tersebut.

“Tahun ini, seperti tahun 2021, sebagian besar Eropa telah dipengaruhi oleh gelombang panas dan kekeringan yang luas, memicu kebakaran hutan. Pada tahun 2021, banjir yang luar biasa menyebabkan kematian dan kehancuran,” kata Taalas melanjutkan.

Para ilmuwan tidak tahu persis mengapa Eropa memanas begitu cepat, Samantha Burgess, wakil direktur untuk layanan perubahan iklim di Copernicus mengatakan kepada Space.com dalam wawancara sebelumnya. Pemanasan cepat mungkin ada hubungannya dengan kedekatan Arktik, yang sejauh ini merupakan wilayah pemanasan tercepat di dunia.

“Kita tahu bahwa Arktik memanas sekitar tiga kali lebih cepat daripada rata-rata global,” kata Burgess kepada Space.com tahun lalu.

“Ini sudah 3 derajat Celcius [5,4 derajat Fahrenheit] lebih hangat daripada di masa pra-industri. Cukup rumit untuk mengungkap alasan ilmiah di balik mengapa pemanasan terjadi jauh lebih cepat di sana,” lanjut Burgess.

Pemanasan Arktik, yang mungkin meluas ke Eropa, mungkin ada hubungannya dengan perubahan albedo Bumi, kemampuannya untuk memantulkan sinar matahari, yang berbeda untuk permukaan yang tertutup es dan yang tertutup air. Sementara es bertindak seperti cermin, memantulkan sebagian besar radiasi yang masuk dari permukaan, kolam air yang terbentuk di atas es yang mencair sebagai akibat dari pemanasan yang berlangsung menyerap panas, menyebabkan pemanasan lebih lanjut.

"Antartika, kemungkinan karena massa daratan yang mendasarinya, tampaknya lebih terlindungi dari efek terburuk ini," kata Burgess.

Laporan WMO baru menyatakan bahwa terlepas dari upaya pengurangan emisi, suhu di semua wilayah Eropa akan terus meningkat pada tingkat yang lebih tinggi dari rata-rata global.

“Frekuensi dan intensitas panas ekstrem, termasuk gelombang panas laut, telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir dan diproyeksikan akan terus meningkat terlepas dari skenario emisi gas rumah kaca,” kata Copernicus dalam pernyataannya.

“Ambang batas kritis yang relevan untuk ekosistem dan manusia diproyeksikan akan terlampaui untuk pemanasan global 2 derajat Celcius [3,6 derajat Fahrenheit] dan lebih tinggi,” tambahnya.

Kabar baiknya adalah bahwa Eropa juga memimpin dalam upaya mitigasi emisi gas rumah kaca. Di seluruh Uni Eropa, emisi gas rumah kaca menurun sebesar 31 persen antara 1990 dan 2020, dengan target pengurangan bersih sebesar 55 persen untuk 2030, menurut pernyataan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement