Kamis 03 Nov 2022 23:21 WIB

Perdagangan Narkoba Marak di Jalur Gaza, Palestina Salahkan Israel

Narkoba yang masuk ke Jalur Gaza masuk dari Israel

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Obat (ilustrasi). Narkoba yang masuk ke Jalur Gaza masuk dari Israel
Foto: PxHere
Obat (ilustrasi). Narkoba yang masuk ke Jalur Gaza masuk dari Israel

REPUBLIKA.CO.ID,  GAZA–Captagon, tramadol, mariyuana, atau ekstasi dan pil kebahagiaan, demikian penduduk setempat menyebutnya, telah membanjiri Jalur Gaza dalam jumlah besar. Hal ini tak sebanding bila dibandingkan dengan populasi Gaza yang relatif rendah yang berjumlah sedikit di atas 2 juta orang. 

"Produk yang masuk Gaza dari Israel melalui penyeberangan Kerem Shalom diperiksa secara menyeluruh oleh otoritas pendudukan [Israel], yang memiliki perangkat penyaringan canggih. Sebagian besar obat-obatan yang disita di dalam Jalur Gaza berasal dari Israel melalui perlintasan Kerem Shalom,” kata Juru bicara Kementerian Dalam Negeri di Gaza, Iyad al-Buzum dilansir dari Al Monitor, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga

Buzum menganggap Israel bertanggung jawab untuk membanjiri daerah kantong pantai dengan obat-obatan. Tindakan ini bertujuan menghancurkan kaum muda dan menyebarkan kejahatan di masyarakat.

“Di tengah tindakan ketat Departemen Anti Narkoba untuk mengendalikan dan menghentikan penyelundupan dan promosi narkoba di dalam kantong, pengedar narkoba telah menaikkan harga mereka,” tambah Buzum.

Dia menegaskan, narkotika merupakan masalah serius yang mengancam masyarakat, sehingga mendorong Kementerian Dalam Negeri dan Badan Narkotika untuk memberikan prioritas tertinggi. 

Inilah alasan semua truk yang datang setiap hari dari perlintasan Kerem Shalom diperiksa dan digeledah dengan cermat begitu mereka memasuki daerah kantong itu.

“Kami mengandalkan alat tradisional, terutama pemeriksaan manual dengan bantuan anjing polisi saja. Kami tidak memiliki perangkat canggih untuk mendeteksi zat narkotika,\"ujarnya.

Israel telah mencegah impor perangkat penyaringan canggih ke Gaza, menurut Buzum. Menurut data Kementerian Dalam Negeri, sepanjang tahun 2022 sampai dengan penulisan laporan, Departemen Anti Narkoba telah menyita 2.009 kantong ganja, 7.958 tablet tramadol, 98.168 pil Captagon, 255.671 pil narkotika yang berbeda, 8 kilogram banjo, 100 bibit banjo dan 1.000 biji banjo.

“Gaza, seperti bagian dunia lainnya, menderita narkoba. Masalah ini telah memburuk secara signifikan dalam periode terakhir, menurut statistik, baik di dalam Gaza atau negara lain," kata Direktur Departemen Anti-Narkotika di Gaza, Jenderal Ahmed al-Qidra.

“Hal ini terutama berlaku dengan penyebaran pil narkotika halusinogen, yang paling umum di kalangan pengguna dan pecandu narkoba. Kami telah melihat sejumlah besar pil ini mengalir di daerah kantong pantai baru-baru ini,” katanya.

“Kami tidak memiliki kontrol yang kuat atas outlet penyelundupan, karena narkoba masuk ke Gaza melalui lima outlet utama, yang pertama dan paling berbahaya adalah perlintasan komersial Kerem Shalom, diikuti oleh perlintasan Beit Hanoun-Erez, perlintasan Rafah untuk wisatawan dan barang komersial, serta terowongan perbatasan darat dan perbatasan laut,” tambahnya.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement