Sabtu 05 Nov 2022 20:05 WIB

Pemuda Dayak Diharapkan Terus Tingkatkan Kualitas Hadapi Globalisasi

Wagub Kalteng Edy Pratowo membuka Konferensi Provinsi II Gerdayak Indonesia Kalteng

 Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membuka secara resmi Konferensi Provinsi II Gerdayak Indonesia Kalteng Tahun 2022.
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membuka secara resmi Konferensi Provinsi II Gerdayak Indonesia Kalteng Tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Era globalisasi seperti saat ini menuntut Pemuda Dayak untuk terus berpacu meningkatkan kualitasnya menghadapi persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu di tengah keberagaman masyarakat yang ada di Kalteng, Gerdayak harus menjadi organisasi yang berintegritas sehingga dapat menjadi wadah bagi para pemuda Dayak agar mampu berkompetisi di segala bidang.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membuka secara resmi Konferensi Provinsi II Gerdayak Indonesia Kalteng Tahun 2022 di Hotel Dandang Tingang, Sabtu (5/11/2022). Edy berharap Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) dapat terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM Pemuda Dayak dalam menghadapi berbagai fenomena perubahan zaman yang ada di depan mata.

Baca Juga

Gerdayak harus mampu untuk mencetak lebih banyak SDM unggul yang berdaya saing, yang bisa menjadi tuan di tanahnya sendiri. “Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng), saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gerdayak Indonesia Kalteng yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menjadi harapan kita bersama, Konferensi ini dapat dimanfaatkan oleh Gerdayak Kalteng guna memperbarui dan memperkuat program kerja organisasi untuk berkarya lebih banyak lagi untuk mencapai tujuan organisasi yaitu pemberdayaan pemuda Dayak khususnya di Kalteng,” kata Edy saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Sebagai informasi, pembukaan Konferensi Provinsi II Gerdayak Indonesia Kalteng Tahun 2022 dirangkai dengan launching salah satu program unggulan Gerdayak Kalteng yaitu Korps Drumband Gerdayak dan penganugerahan medali penghormatan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa bagi perkembangan Gerdayak Indonesia dan bagi masyarakat Dayak di Kalteng. Adapun tema yang diusung  yakni Bersatu dan Berjuang Meningkatkan Kualitas SDM Dayak yang Berdaya Saing Tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Dewan Pengurus Gerdayak Nasional Yansen Binti mengucapkan selamat kepada anggota-anggota yang telah dilantik menjadi pengurus Drum Band Gerdayak Indonesia. Pembentukan Korps Drum Band Gerdayak merupakan pembinaan kepada generasi muda dalam hal kedisiplinan dan kegiatan positif.

“Biarlah mereka dapat mengembangkan drum band ini dengan sebaik-baiknya, kami berharap drum band ini mendaftarkan diri ke PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) Kalteng dan pengurus maupun pembina dapat mendorong, mendukung anggota pemuda kita yang nanti menjadi anggota drumband Gerdayak Indonesia Kalteng,” harap Yansen.

Turut hadir Wakil ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Unsur Forkopimda Kalteng, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Leonard S. Ampung, Sekretaris Umum DAD Yulindra Dedy, Dewan Pimpinan Kabupaten Gerdayak Indonesia se-Kalteng, sejumlah kepala perangkat daerah terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta organisasi kemasyarakatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement