Rabu 09 Nov 2022 00:55 WIB

Menteri Haji Arab Saudi Ingin Meningkatkan Pengalaman Umroh Jamaah Inggris

Inggris adalah salah satu wilayah terpenting bagi Arab Saudi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
 Jamaah haji memfilmkan Hajar Aswad (Batu Hitam) yang terletak di Kabah di Masjidil Haram, di kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa, 5 Juli 2022. Menteri Haji Arab Saudi Ingin Meningkatkan Pengalaman Umroh Jamaah Inggris
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Jamaah haji memfilmkan Hajar Aswad (Batu Hitam) yang terletak di Kabah di Masjidil Haram, di kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa, 5 Juli 2022. Menteri Haji Arab Saudi Ingin Meningkatkan Pengalaman Umroh Jamaah Inggris

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Umroh dan Haji Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah mengatakan Inggris adalah salah satu wilayah terpenting bagi Arab Saudi. Kerajaan juga ingin meningkatkan pengalaman jamaah umroh Inggris di Arab Saudi.

"Sekarang fokus untuk menciptakan pengalaman yang mulus bagi pengunjung ke Arab Saudi," katanya berbicara di acara Umrah+ Connect di London selama kunjungan pertamanya ke Inggris, dikutip dari Arab News, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan semangat inilah yang menyebabkan desain aplikasi yang mempermudah jamaah haji dan umroh, Nusuk yang diluncurkan oleh Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi. Nusuk adalah platform pemerintah terpadu dimana para peziarah dapat merencanakan dan memesan kunjungan mereka ke Makkah dan Madinah.

Ini merupakan salah satu tujuan Visi Saudi 2030 untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan dan memperkaya pengalaman keagamaan dan budaya para peziarah.

"Inggris adalah rumah bagi lebih dari tiga juta Muslim dan salah satu wilayah terpenting bagi kami. Saat kami memulai perjalanan kami untuk memperkaya dan memungkinkan pengalaman umroh spiritual dan indah bagi umat Islam di seluruh dunia,” kata dia.

Ia menunjukkan melayani peziarah dari seluruh dunia adalah suatu kehormatan bagi Kerajaan yang telah menyaksikan peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam jumlah orang yang mengunjungi Makkah dan Madinah tahun ini.

"Ini adalah hasil langsung dari upaya memperkuat infrastruktur digital untuk memperkaya pengalaman pengunjung. Kami memiliki tujuan untuk terus memajukan alat teknologi atau menggunakan alat teknologi yang lebih canggih untuk memberikan solusi, layanan dan visa yang akan menciptakan pengalaman tanpa batas untuk membuat kunjungan haji lebih mudah dari sebelumnya," kata dia.

Ia menambahkan di antara langkah-langkah yang diambil untuk membuat kota suci Mekkah dan Madinah lebih mudah diakses oleh para peziarah, Covid-19 dan pembatasan usia telah dicabut, durasi visa umrah telah diperpanjang dari 30 menjadi 90 hari dan perlunya perpanjangan waktu.

"Arab Saudi sangat ingin melayani dua masjid suci dan peziarah dari seluruh dunia dan inilah mengapa kami juga bekerja untuk mendigitalkan proses untuk semua jenis visa,” kata dia.

Sementara itu, Chief Executive Officer CBHUK Rashid Mogradia mengatakan merupakan suatu kehormatan untuk menjadi tuan rumah di acara Umrah+ Connect. "Kami melihat lebih dari 250 operator perjalanan dan tur serta penyedia layanan dari Kerajaan dan seluruh dunia berkumpul di jantung kota London untuk hari yang produktif belajar, berjejaring dan memberikan solusi untuk tantangan yang dihadapi industri umrah,” kata dia.

Ia menyebut tim di Umrah+ Connect siap untuk mewujudkan Visi Kerajaan 2030 dalam memperkaya dan meningkatkan pengalaman dan jumlah peziarah.

"Kami menciptakan kemitraan dan terhubung dengan mitra di Arab Saudi yang dapat menawarkan nilai dan layanan bagi peziarah Inggris. Kami sedang mencari cara untuk mengembangkan produk dan inisiatif yang akan meningkatkan pengalaman ziarah sejalan dengan Visi 2030," kata dia.

Ia juga harus belajar lebih banyak tentang merek aplikasi Nusuk, apa artinya dan bagaimana itu memungkinkan pasar business-to-consumer dan business-to-business dan melengkapi bisnis tradisional yang menawarkan paket umroh. Umrah+ Connect adalah acara bisnis-ke-bisnis tahunan, tahun ini diselenggarakan bersama oleh Council of British Hajji (CBHUK) dan All-Party Parliamentary Group on Hajj and Umrah. Selama acara tersebut, pejabat dewan menandatangani nota kesepahaman dengan Shomukh Aviation dan Perusahaan Saudi untuk visa dan solusi perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement