Selasa 08 Nov 2022 15:07 WIB

Kisah Penderitaan Orang-Orang Dzalim

Orang dzalim bisa mencelakakan dirinya sendiri.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Pemimpin yang dzalim. (ilustrasi)
Foto: republika
Pemimpin yang dzalim. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sesungguhnya di antara sikap yang mencelakakan diri seorang hamba dan membuatnya tersandung serta jatuh dari kedukaannya ialah berlaku zalim terhadap sesama hamba Allah. Dzalim terhadap sesama itu contohnya dengan merampas hak-hak mereka dan menindas mereka yang lemah. 

Dr Aidh Abdullah Al Qarni dalam bukunya La Tahzan telah mengutip perkataan dari seorang yang bijak. "Takutlah kalian kepada orang yang tidak punya penolong lagi terhadap kezaliman kalian selain Allah."

Baca Juga

Sesungguhnya sejarah berbagai umat telah mencatatkan kepada kita berbagai contoh yang masih melekat hidup dalam ingatan tentang kesudahan yang dialami oleh orang-orang yang zalim. 

Dikisahkan Amir bin Thufail yang melancarkan rencana jahat terhadap Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan berupaya menculiknya. Atas tindakannya ini, Rasulullah mendoakan untuk kebinasaannya.

"Akhirnya Allah pun menimpakan padanya suatu penyakit di kelenjar lehernya. Pada saat itu juga ia mati yang sebelumnya dia menjadi jerit karena kesakitan," katanya

Arbad bin Qais melakukan gangguan yang menyakitkan terhadap diri Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan berencana untuk membunuhnya. Maka beliau Rasulullah mendoakan untuk kembinasannya.

"Akhirnya, dia disambar petir yang menghanguskan diri dan unta kendaraannya," katanya.

Sebelumnya Al-Hajjaj, di algojo itu, membunuh Sa'id bin Jubair dalam tenggang waktu yang tidak lama, Said mendoakan untuk kebinasaannya seraya mengatakan. 

"Ya Allah, janganlah Engkau beri dia kekuasaan terhadap seorang pun sesudahku." 

Al-Hajjaj pun tertimpa penyakit bisul pada tangannya lalu menyebar ke bagian tubuh lainny. Akhirnya, Al-Hajjaj mengerang kesakitan dengan mengeluarkan suara seperti banteng yang meregang nyawa, kemudian ia mati dalam keadaan yang mengenaskan. 

Sufyan Ats Tsauri bersembunyi karena takut akan kekejaman Abu Jafar Al-Manshur, Abu Jafar berangkat menuju kota suci Makkah, sedangkan Sufyan berada di dalam kota suci tepatnya di Masjidil Haram. Sufyan pun berdiri dan memegang kain kelambu Kabah seraya berdoa kepada Allah semoga tidak masuk ke dalam rumahNya. 

"Abu Jafar pun mati di sumur Ma'unah sebelum ia memasuki kota Makkah," katanya.

Ahmad bin Abu Duad, qadhi yang beraliran Mu'tazilah ikut andil menyiksa Imam Ahmad bin hambal. Imam Ahmad pun mendoakan kebiasaannya, maka Allah menimpakan padanya penyakit stroke yang membuatnya sering mengatakan.

"Adapun separuh tubuhku ini apabila dihinggapi oleh seekor lalat kurasakan sakit yang bukan kepalang hingga seakan-akan dunia ini kiamat, sedangkan separuh tubuhku yang lain andaikata digrogoti dengan catut sekalipun niscaya aku tidak merasakannya." 

Imam Ahmad juga mendoakan untuk kebinasaan Ibnu Zayyat si perdana menteri, maka Allah menguasakannya kepadanya orang yang menangkapnya yang kemudian memasukkannya ke dalam tungku api dan mamaku kepalanya dengan paku. 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement