Jumat 11 Nov 2022 14:50 WIB

Menparekraf Apresiasi 'Balpil' Animasi Superheroes Karya Anak Negeri

Balpil adalah salah satu proyek IP (Intellectual Property).

Menparekraf Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang diselenggarakan secara hybrid_dari Gedung Sapta Pesona, Kamis (10/11/2022)
Foto: istimewa
Menparekraf Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang diselenggarakan secara hybrid_dari Gedung Sapta Pesona, Kamis (10/11/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi “Balpil” yang merupakan animasi superheroes karya anak negeri. 

Balpil adalah salah satu proyek IP (Intellectual Property) yang telah dimulai dari tahun 2011, bercerita tentang robot masa depan yang ditugaskan untuk mendampingi anak-anak sekawan Bhinnekaz untuk mencegah Perang Dunia ke-3 yang berpotensi meluluhlantakkan bumi dan umat manusia. 

Baca Juga

Animasi Balpil memperkenalkan superhero lokal yang terinspirasi fauna khas Indonesia, serta membawa pesan kepada generasi muda bahwa kekuatan fisik, intelektual, sosial, dan spiritual (FISOS) merupakan landasan penting dalam menghadapi persaingan global.

Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang diselenggarakan secara hybrid_dari Gedung Sapta Pesona, Kamis (10/11/2022), mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf akan mendukung karya animasi buatan anak bangsa agar terus berkembang. 

Menparekraf berharap Balpil akan terus berkembang dan memberikan kontribusi kepada perekonomian Indonesia dengan karya-karya yang berkualitas. 

“Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, diharapkan episode ini dapat menjadi momentum refleksi dalam menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan di kehidupan kita,” kata Menparekraf. 

Sementara itu, Project Director Balpil, Holip Soekawan, mengatakan Balpil merupakan serial animasi original dari Indonesia, yang menampilkan pesan tentang Bhineka Tunggal Ika dan kekayaan Indonesia kepada dunia.

“Visi kami ingin mengekspos kekayaan Indonesia dimulai dari 4 tokoh yg ada, seperti tokoh harimau ini berdasarkan harimau Sumatra, ikan arwana, dan masih banyak sekali fauna di Indonesia,” kata Holip.

Selain itu, ia memiliki visi ke depan terkait animasi Balpil. Ia berharap nantinya hadir robot AI yang diproduksi di Indonesia dan bisa dibeli oleh masyarakat di seluruh dunia.

“Indonesia suatu saat bisa mempunyai sebuah figur robot dengan AI yang canggih, yang dibeli oleh anak-anak di seluruh dunia. Itulah visinya, kita memiliki sebuah robot yang diminati okeh masyarakat internasional karena teknologi AI bisa memberi advice kepada anak-anak bagaimana hidup seimbang,” ujarnya.

Executive Produser, Adam Jagwani menyampaikan bahwa Balpil bukan sekadar animasi superhero, tapi juga ingin menyampaikan  pesan moral yang universal, yakni pentingnya hidup seimbang atau balanced life.

“Memang animasi Balpil ini bukan hanya superhero, tapi kami ingin menyampaikan bahwa pentingnya generasi muda itu untuk hidup seimbang,” kata Adam.

“Balpil” akan memberikan Giveaway 50 artbook melalui kuis yang bisa diikuti pada instagram @Sandiuno dan @Kemenparekraf.ri mulai Jumat nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement