Ahad 13 Nov 2022 00:05 WIB

Ketika Menghadapi Masa Sulit Ingatlah Bahwa Allah Maha Penyayang

Allah memberikan cobaan sesuai dengan tingkat keimanan hamba-Nya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Berdoa. Ketika Menghadapi Masa Sulit Ingatlah Bahwa Allah Maha Penyayang
Foto: Pixabay
Ilustrasi Berdoa. Ketika Menghadapi Masa Sulit Ingatlah Bahwa Allah Maha Penyayang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap surat di dalam Alquran selalu dibuka dengan kalimat “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” Kecuali pada surat At-Taubah, yang berarti "Pertobatan".

Dilansir dari About Islam, Allah menyelipkan kalimat tersebut tentu saja dengan maksud dan tujuan, agar setiap hamba-Nya yang membaca Alquran selalu diingatkan bahwa Dia Maha Pemurah dan Maha Penyayang.

Baca Juga

Terkadang kita membutuhkan pengingat itu ketika kita merasa sedih tentang sesuatu yang telah kita lakukan, atau sesuatu yang sedang kita alami. Dia ingin kita tahu bahwa segala sesuatu mungkin terjadi melalui Dia, maka hanya kepada-Nya kita mencari bantuan dan pengampunan.

Apakah Anda merasa bahwa Allah tidak adil?

 

“Hidup adalah ujian” ungkapan lama ini terdengar tidak selalu membuat Anda merasa lebih baik, tetapi mari kita melihatnya dari perspektif yang berbeda. Misalnya ketika Anda menyontek dan guru memergoki Anda namun dia memaafkan tindakan yang salah itu dan Anda lulus ujian, tetapi Anda tidak lulus ujian dengan adil.

Jika Allah membiarkan semua kesalahan Anda lolos, dan Anda tidak meminta pengampunan atas kesalahan itu, Anda tidak akan lulus ujian hidup. Pada Hari Penghakiman ketika Dia bertanya tentang dosa-dosa Anda, apa yang akan Anda katakan kepada-Nya? Apakah Anda akan mengatakan:

“Tetapi Allah, Engkau membiarkan saya menjalani hidup tanpa menghukum saya karenanya, jadi saya pikir Engkau tidak keberatan!”

Tetapi apakah Anda meminta Dia untuk mengampuni Anda atas tindakan itu? Jika tidak, Anda mungkin akan menghadapi konsekuensi di akhirat, bukan selama hidup ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement