Ahad 13 Nov 2022 10:47 WIB

Wabah Kolera Masih Berlanjut di Suriah, Ini Beberapa Faktor Pemicunya

Perang di Suriah picu merebaknya wabah kolera di sejumlah wilayah

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi buruknya sanitiasi di kamp pengungsi Suriah picu kolera. Perang di Suriah picu merebaknya wabah kolera di sejumlah wilayah.
Foto: EPA-EFE/YAHYA NEMAH
Ilustrasi buruknya sanitiasi di kamp pengungsi Suriah picu kolera. Perang di Suriah picu merebaknya wabah kolera di sejumlah wilayah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS — Akses yang buruk ke air bersih telah memperburuk wabah kolera yang mengamuk di provinsi-provinsi yang dilanda perang di Suriah, di mana pemerintah setempat berjuang untuk menahan penyebaran dengan tablet klorin dan vaksin. 

“Lebih dari 35 ribu kasus dugaan kolera telah dilaporkan di seluruh negeri,” menurut badan anak-anak PBB di lansir dari Alarabiya, Jumat (12/11/2022).

Baca Juga

UNICEF mengatakan sekitar 2.500 yang telah diuji, di mana hampir setengahnya dikonfirmasi positif.

“Menemukan satu kasus kolera berarti Anda memiliki wabah,” kata kepala penyakit menular dan kronis di kementerian kesehatan Suriah, Zuhair al-Sahwi.

Dia mengatakan kurva sebagian besar telah rata, dengan perlambatan jumlah kasus baru yang dikonfirmasi setiap hari.

Sahwi mengatakan kementerian telah mencatat 46 kematian akibat keterlambatan mengakses perawatan medis dan telah meminta vaksin kolera dari Organisasi Kesehatan Dunia.

Menurut WHO, kasus-kasus Suriah terkait dengan wabah yang mengamuk yang dimulai di Afghanistan pada Juni, kemudian menyebar ke Pakistan, Iran, Irak, kemudian Suriah dan Lebanon.

Kolera biasanya menyebar melalui air, makanan, atau kotoran yang terkontaminasi. Penyakit ini dapat mengakibatkan diare parah dan dehidrasi yang dapat membunuh jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Pipa air dan stasiun pompa Suriah telah dirusak oleh lebih dari satu dekade perang dan kekeringan tahun ini membuat tingkat di sungai utamanya, Efrat, sangat rendah.

Seorang dokter mata, hidung, dan tenggorokan di Damaskus, Nabbough al-Awwa, mengatakan bahwa membuang limbah padat ke perairan yang tergenang telah berkontribusi terhadap penyebaran.

“Kalau sungainya mengalir, tidak apa-apa. Tetapi ketika permukaan air menjadi rendah karena meningkatnya suhu di banyak negara di dunia, bakteri ini mulai berkembang biak dan menyebar,” kata Awwa kepada Reuters.

“Dengan petani mengandalkan air sungai yang tidak diolah, sayuran dengan cepat menjadi terkontaminasi dan virus menyebar ke kota-kota,” tambahnya.

Toko-toko dan restoran di ibu kota telah mengubah menu mereka untuk melindungi pelanggan mereka.

“Kami berhenti menggunakan sayuran hijau demi kesehatan masyarakat,” kata Maher, yang menjalankan toko falafel di Damaskus.

Ibu kota tetap relatif terlindung, menurut data WHO, dengan jumlah kasus tertinggi tercatat di provinsi gurun luas Deir Ezzor di timur dan Raqqa dan Aleppo di utara, yang paling bergantung pada Efrat.

Badan-badan PBB sebagian besar telah mengangkut air ke masyarakat yang terkena dampak dan membagikan tablet sterilisasi. 

Tetapi untuk melanjutkan upaya mereka, badan anak-anak PBB mengatakan masih membutuhkan sekitar 9 juta dolar dana untuk mencapainya hingga akhir tahun.

 

Sumber: alarabiya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement