Ahad 13 Nov 2022 15:12 WIB

Karya Banksy Tertoreh di Tembok Gedung Hancur Ukraina

Seniman grafiti terkenal Banksy meluncurkan sebuah karya di Ukraina

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Salah satu mural seniman jalanan Banksy. Ilustrasi.
Foto: Claire Hayhurst/PA via AP
Salah satu mural seniman jalanan Banksy. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BORODYANKA - Seniman grafiti terkenal Banksy meluncurkan sebuah karya di kota Borodyanka, Ukraina. Kota ini sempat jatuh ke tangan Rusia hingga April dan rusak berat akibat pertempuran pada hari-hari awal invasi ke Ukraina.

Banksy mengunggah foto mural bergambar seorang pesenam perempuan melakukan handstand di atas tumpukan kecil puing beton di Instagram pada Jumat (11/11/2022) malam. Gambar itu dilukis di dinding sebuah bangunan yang dihancurkan oleh penembakan.

Baca Juga

Terdapat satu grafiti baru lainnya dengan gaya khas Banksy terlihat di Borodyanka, meskipun tidak diunggah oleh seniman itu di media sosial. Gambar ini memperlihatkan seorang pria yang sedang bermain judo dengan seorang anak yang jauh lebih kecil.

Simbolisme dari karya itu tidak salah lagi tentang singgungan pada kisah tentang David dan Goliath. Cerita yang merujuk pada kemenangan yang tidak terduga dari yang tertindas, serta referensi pada kecintaan Presiden Rusia Vladimir Putin yang banyak dipublikasikan terhadap seni bela diri Jepang.

Beberapa warga yang penasaran datang untuk melihat karya seni tersebut. Beberapa di antaranya menempuh perjalanan sejauh hingga 60 km dari ibu kota Ukraina, Kiev.

"Ini adalah momen bersejarah bagi negara kami, orang-orang seperti Banksy dan tokoh terkenal lainnya datang ke sini dan menunjukkan kepada dunia apa yang telah dilakukan Rusia kepada kami," kata salah satu warga Kyivan bernama Alina Mazur yang berusia 31 tahun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement