Ahad 13 Nov 2022 21:24 WIB

KH Abdul Rozaq Shofawi Resmi Menjadi Imam Besar Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan Solo

KH Abdul Rozaq mengutamakan persatuan sebagai imam masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo

Rep: C02/ Red: Muhammad Hafil
Abdul Rozaq Shofawi resmi dikukuhkan menjadi Imam Besar Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Solo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Abdul Rozaq Shofawi resmi dikukuhkan menjadi Imam Besar Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Solo.

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO–KH Drs Abdul Rozaq Shofawi resmi dikukuhkan menjadi Imam Besar Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Solo. Pelantikan pengasuh Ponpes Al-Muayyad ini dilakukan langsung dari Kementerian Agama (Kemenag), Ahad (13/11/2022).

Setelah ditunjuk oleh Kemenag, Kiai Abdul menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu mengusahakan persatuan bersama. Khususnya, pihaknya tidak ingin masalah ikhtilaf dibahas dalam perbedaan.

Baca Juga

"Di Antara empat mazhab, kita pilih salah satu. Kita disini mazhab syafi'i ya mazhab syafi'i," kata Abdul usai ditunjuk di Hotel Swissbell, Ahad (13/11/2022).

Selain itu, Abdul mengatakan bahwa tugas Imam besar yakni menyusun pelaksanaan ibadah untuk setiap harinya. "Dalam pelaksanaan ibadah itu diatur imamnya dan sebagainya untuk bisa melaksanakan dengan baik," ucapnya.

Semenetara itu, Kepala Bagian Perencanaan Keuangan Hukum dan Kerjasama, Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Bagus Sigit menjelaskan bahwa KH Abdul Rozaq Shofawi selain menjadi imam besar juga sekaligus pengurus harian. Nantinya pihaknya akan bersinergi dengan KH Abdul Karim Ahmad Al Hafidz yang sekaligus adalah guru spiritual Presiden Jokowi.

"Imam besar itu sekaligus ketua pengurus harian, itu imam besar. Kemudian dibantu oleh Wakil yaitu KH Abdul Karim tadi. Jadi ada satu wakil Abdul Karim dan Imam besar ada Abdul Rozaq," terangnya. 

Bagus juga menjelaskan bahwa pengurus terdiri dari beberapa elemen. Mulai dari organisasi masyarakat, kementerian, dan tokoh masyarakat. 

"Banyak unsurnya, dari banyak unsur kementerian ada dan unsur-unsur lain tokoh masyarakat dan ada banyak unsur. Untuk itu kegiatannya bisa merangkul semua unsur. Juga akan ada sekitar 20 pengurus di Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan" pungkasnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement