Senin 14 Nov 2022 11:44 WIB

Cucu Presiden AS Joe Biden akan Gelar Pernikahan di Gedung Putih

Naomi Biden menikah dengan Peter Neal pada 19 November di Gedung Putih.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Naomi Biden, kanan, dan tunangan Peter Neal menghadiri peragaan busana Ralph Lauren Fall/Winter 2022 di Museum of Modern Art pada Selasa, 22 Maret 2022, di New York. Naomi Biden, cucu perempuan Presiden Joe Biden, dan Peter Neal akan menikah di South Lawn pada hari Sabtu dalam apa yang akan menjadi pernikahan ke-19 dalam sejarah Gedung Putih.
Foto: Photo by Evan Agostini/Invision/AP
Naomi Biden, kanan, dan tunangan Peter Neal menghadiri peragaan busana Ralph Lauren Fall/Winter 2022 di Museum of Modern Art pada Selasa, 22 Maret 2022, di New York. Naomi Biden, cucu perempuan Presiden Joe Biden, dan Peter Neal akan menikah di South Lawn pada hari Sabtu dalam apa yang akan menjadi pernikahan ke-19 dalam sejarah Gedung Putih.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih akan kembali menjadi tuan rumah resepsi pernikahan cucu perempuan Presiden Joe Biden, Naomi Biden dengan tunangannya, Peter Neal pada 19 November. Ini akan menjadi pernikahan pertama cucu presiden, sekaligus pernikahan ke-19 dalam sejarah yang digelar di Gedung Putih.

Naomi Biden (28 tahun) dan Neal (25 tahun),  bertemu sekitar empat tahun lalu di New York City. Naomi Biden adalah seorang pengacara. Sedangkan Neal baru saja lulus dari fakultas hukum University of Pennsylvania. Pasangan itu tinggal di Washington.

Baca Juga

Sembilan dari 18 pernikahan di Gedung Putih yang terdokumentasi adalah untuk putri seorang presiden. Putri mantan Presiden Richard Nixon, Tricia, menikah di Gedung Putih pada 1971, dan putri mantan Presiden Lyndon B Johnson, Lynda, pada 1967. Tak hanya itu, Presiden AS ke-22 dan ke-24, Grover Cleveland juga menikah di Gedung Putih saat menjabat. 

Sejauh ini, detail rencana pernikahan Naomi Biden belum dirilis. Namun Ibu Negara, Jill Biden sangat antusias dengan pernikahan cucu perempuannya itu.

"Saya tidak sabar menunggu sampai Anda semua melihatnya sebagai pengantin," kata Ibu Negara, Jill Biden. 

Presiden Asosiasi Sejarah, Stewart McLaurin, mengatakan acara-acara khusus di Gedung Putih tidak akan pernah dilupakan. "Jika Anda memiliki hak istimewa untuk merayakan liburan di sana atau acara khusus dalam hidup Anda, seperti pernikahan, itu adalah acara yang sangat berkesan," kata McLaurin.

Menurut catatan, lima pernikahan telah diadakan di East Room, empat pernikahan berlangsung di Blue Room dan dua pernihakan dilangsungkan di Rose Garden. Pada Juni 1971, sekitar 400 tamu menyaksikan Presiden Nixon mengantar putrinya, Tricia menuruni tangga menuju altar pernikahan di South Portico, Gedung Putih. Tricia dan pasangannya, Edward Cox mengucap janji pernikahan di gazebo yang didirikan di Rose Garden. Ini menjadi upacara pernikahan pertama yang pernah digelar di Rose Garden.

Presiden Nixon mengirimkan ucapan terima kasih kepada Kepala Usher Gedung Putih, Rex Scouten, atas bantuannya mengoordinasi pengaturan untuk pernikahan putrinya. “Saya ingin Anda tahu betapa bersyukurnya keluarga Nixon atas kontribusi luar biasa Anda pada hari yang sangat istimewa ini,” tulis Nixon.

Pada Oktober 2013, Kepala Fotografer Gedung Putih era Presiden Barack Obama, Pete Souza menikah dengan pasangannya, Patti Lease dalam sebuah upacara pribadi di Rose Garden. Mereka menikah setelah 17 tahun menjadi pasangan. Obama mengenal Lease karena pernah menghadiri beberapa acara Gedung Putih.

Rose Garden juga telah menyatukan dua keluarga politik Partai Demokrat ketika Anthony Rodham, saudara laki-laki ibu negara saat itu Hillary Clinton, dan Nicole Boxer, putri Senator California Barbara Boxer saat itu menikah pada Mei 1994 dalam upacara pribadi. Nicole Boxer mengatakan, Hillary Clinton awalnya menawarkan Camp David sebagai pernikahan. Tetapi kemudian, Hillary Clinton menyarankan agar pernikahan digelar di Rose Garden.  Di antara sekitar 250 tamu yang hadir saat itu adalah Joe Biden dan istrinya, Jill.  Biden dan Barbara Boxer saat itu menjabat di Senat. 

 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement