Senin 14 Nov 2022 18:59 WIB

Timnas Arab Saudi Coret Satu Pemain yang Tersandung Kasus Doping

Fahad al-Muwallad gagal lolos tes doping menjelang Piala Dunia Qatar 2022.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Timnas Arab Saudi (ilustrasi). Tampak Fahad al-Muwallad (kedua kanan bawah) berada dalam line up timnas Arab Saudi.
Foto: EPA-EFE/DEAN LEWINS
Timnas Arab Saudi (ilustrasi). Tampak Fahad al-Muwallad (kedua kanan bawah) berada dalam line up timnas Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Arab Saudi menjatuhkan keputusan tegas terhadap pemain sayap Fahad al-Muwallad yang gagal lolos tes doping menjelang Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung. Nama Fahad dicoret.

"Setelah meninjau perkembangan terbaru dalam banding WADA dan mengikuti konsultasi dengan pengacara Saudi, pelatih Herve Renard memutuskan untuk mencoret Al-Muwallad dari skuad," demikian pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Arab Saudi dilansir Doha News, Senin (14/11/2022).

Baca Juga

Pesepak bola berusia 28 tahun, bermain untuk tim Suadi Al-Shabab, dinyatakan positif menggunakan obat furosemida yang mengandung bahan terlarang, pada bulan Februari lalu.

Namun, keputusan pelatih dan induk organisasi Arab Saudi baru diumumkan pada awal pekan ini terkait dicoretnya nama Fahad dari timnas berjuluk the Green Falcons.

"WADA telah mengajukan banding atas kasus tersebut ke CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga) dan itu bisa memakan jangka waktu lebih lama," sambung pernyataan itu.

Fahad dilarang selama 18 bulan oleh otoritas anti-doping Saudi sejak ditetapkan mengonsumsi furosemide.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) sendiri sudah mengonfirmasi bahwa mereka telah melakukan intervensi sebelum skuad Arab Saudi dipilih untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

Pelatih Renard kini diprediksi akan memanggil Nawaf al-Abed yang berusia 32 tahun untuk menggantikan peran Al-Muwallad. Arab Saudi tergabung ke dalam Grup C bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement