Wakil Ketua DPR RI Korpolkam Hadiri Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi

Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam juga memberikan pengarahan dan motivasi kepada peserta

Selasa , 15 Nov 2022, 15:24 WIB
Wakil Ketua DPR RI Korpolkam, Lodewijk F Paulus menghadiri Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Pussenkav. Latihan tersebut diselenggarakan dalam rangka membina kemampuan dan meningkatkan taktik bertempur Satuan Kavaleri secara terorganisasi.
Foto: istimewa
Wakil Ketua DPR RI Korpolkam, Lodewijk F Paulus menghadiri Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Pussenkav. Latihan tersebut diselenggarakan dalam rangka membina kemampuan dan meningkatkan taktik bertempur Satuan Kavaleri secara terorganisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA--Wakil Ketua DPR RI Korpolkam, Lodewijk F Paulus menghadiri Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Pussenkav. Latihan tersebut diselenggarakan dalam rangka membina kemampuan dan meningkatkan taktik bertempur Satuan Kavaleri secara terorganisasi. Pussenkav TA 2022 untuk pertama kalinya yang dilaksanakan di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad Baturaja Kab. Oku Timur, Senin (14/11/2022).

Latihan diikuti oleh 5 satuan jajaran Korps Kavaleri yang meliputi Batalyon Kavaleri 1/Badak Ceta Cakti, Batalyon Kavaleri 5/Dwi, Pangga Ceta, Batalyon Kavaleri 9/Satya Dharma Kala, Kompi Kavaleri 1/Elang Setia Cakti dan Kompi Kavaleri 5/Graha Ceta Cakti dengan mengerahkan sejumlah Alutsista kendaraan tempur antara lain Ranpur Leopard kaliber 120 MM, Ranpur AMX-13 kaliber 105 MM, Ranpur Scorpion kaliber 90 MM, Anoa kaliber 12.7 MM, dan Ranpur Badak kaliber 90 MM.

Baca Juga

Selain menyaksikan Latihan tempur, dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam juga memberikan pengarahan dan motivasi kepada para seluruh peserta dan penyelenggara. Dalam rangkaian acara itu Lodewijk juga meninjau dan melakukan simulasi sejumlah alutsista yang dipamerkan.

Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi Pussenkav ini merupakan bentuk latihan program dari Komando Atas untuk senantiasa menyiapkan pasukan Kavaleri yang adaptif terhadap modernisasi pemanfaatan Alutsista, penggunaan Battlefield Management Sistem (BMS) serta mampu melaksanakan tuntutan tugas yang semakin kompleks kedepannya. 

Dalam kesempatan ini Letjen TNI (Purn) H. Lodewijk F Paulus turut memberikan apresiasi kepada Pussenkav atas penyiapan latihan yang telah diselenggarakan. Adapun latihan ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat antara lain Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Danpussenif, Aslat Kasad, Danpussenarmed, Danpuslatpur, Ir. Pussenarhanud, Kabaranahan, Sesditjen Kuathan, Irjenad, Dircabpuspalad, Dircabpushubad, Danrem 044/Gapo, Kadislaikad, Asisten I Pemda Oku serta seluruh Dansatkav dan Taruna Akmil kecabangan Kavaleri.