Selasa 15 Nov 2022 22:15 WIB

Kanada Tambah Bantuan Dana Militer ke Ukraina

Kanada juga menambah 23 orang Rusia dalam daftar sanksinya

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Kanada memutuskan memberi Ukraina tambahan bantuan militer senilai 500 juta dolar AS. Perdana Meneteri Kanada Justin Trudeau dari Bali menghadiri KTT G20 juga mengumumkan tambahan 23 orang Rusia ke daftar sanksinya.
Foto: AP/Aaron Favila
Kanada memutuskan memberi Ukraina tambahan bantuan militer senilai 500 juta dolar AS. Perdana Meneteri Kanada Justin Trudeau dari Bali menghadiri KTT G20 juga mengumumkan tambahan 23 orang Rusia ke daftar sanksinya.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG - Kanada memutuskan memberi Ukraina tambahan bantuan militer senilai 500 juta dolar AS. Perdana Meneteri Kanada Justin Trudeau dari Bali menghadiri KTT G20 juga mengumumkan tambahan 23 orang Rusia ke daftar sanksinya.

"Bantuan militer tambahan ini akan mendukung Ukraina karena mereka dengan berani terus berjuang melawan invasi ilegal Vladimir Putin, sementara sanksi baru ini akan menambah tekanan pada mereka yang mendukung tindakan perang ini," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan seperti dikutip laman CBC News, Selasa (15/11/2022).

Pemerintah federal mengatakan bantuan 500 juta dolar AS akan digunakan untuk militer, pengawasan, peralatan komunikasi, bahan bakar dan pasokan medis. Menteri Pertahanan Nasional Kanada Anita Anand mengatakan bahwa uang tersebut merupakan bagian dari lebih dari 1 miliar dolar AS bantuan militer yang telah diberikan Kanada kepada Ukraina untuk peralatan militer serta untuk pelatihan pasukan Ukraina.

"Militer Ukraina telah membuat kemajuan luar biasa dalam merebut kembali tanah dan kontribusi militer Kanada telah menjadi bagian integral dalam serangan balik mereka hingga saat ini," kata Anand dalam sebuah pernyataan.

"Bantuan militer baru senilai 500 juta dolar AS yang diumumkan hari ini akan memastikan bahwa kami terus memenuhi momentum militer Ukraina dengan bantuan militer yang dibutuhkan untuk berjuang dan menang," lanjutnya.

Kantor Perdana Menteri mengatakan bahwa sejauh ini, Kanada telah memberikan 3,4 miliar dolar AS bantuan ke Ukraina sejak Februari. Sementara itu Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada Melanie Joly mengatakan sanksi tersebut menargetkan mereka yang bertanggung jawab atas penganiayaan terhadap pembangkang Rusia Vladimir Kara-Murza. Kara-Murza dipenjara dan didakwa karena menyebarkan informasi yang salah tentang militer Rusia.

23 orang yang ditambahkan ke daftar sanksi adalah anggota aparat peradilan dan keamanan Rusia. Menurut Kantor Perdana Menteri terlibat langsung dalam pelanggaran hak asasi manusia sistematis terhadap para pemimpin oposisi Rusia. Lebih dari 1.400 individu dan entitas Rusia kini telah diberi sanksi oleh Kanada sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement