Rabu 16 Nov 2022 15:04 WIB

KTT G20 Selesai, Presiden Joe Biden Tinggalkan Bali

Joe Biden sempat tersandung dan dipegang Jokowi di pendopo Tahura Ngurah Rai.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
 Presiden AS Joe Biden menaiki Air Force One untuk kembali ke Washington setelah menghadiri KTT Pemimpin G20 di Bali, Indonesia, Rabu, 16 November 2022.
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/ via AP
Presiden AS Joe Biden menaiki Air Force One untuk kembali ke Washington setelah menghadiri KTT Pemimpin G20 di Bali, Indonesia, Rabu, 16 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Presiden Amerika Serikat (AS), Joseph R Biden alias Joe Biden meninggalkan Bali usai menghadiri KTT G20 pada Selasa-Rabu (15-16/11/2022). Pesawat kepresidenan AS Air Force 1 lepas landas dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung pada Rabu sekitar pukul 14.25 WITA.

Sebelumnya pada Rabu pagi WIT, Joe menghadiri kegiatan samping KTT G20 yakni peninjauan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai. Ketika sampai di lokasi, Joe disambut Jokowi. Ketika keduanya menuju pendopo, Joe sempat tersandung ketika menaiki tangga. Beruntung, Jokowi cekatan dan memegang tangannya hingga Joe tak sampai jatuh.

Selama di Bali, Biden bermalam di Grand Hyatt Bali, Nusa Dua. Presiden dari Partai Demokrat tersebut tiba di Bali pada Ahad (13/11/2022) malam WIB, dan melangsungkan pertemuan bersama beberapa kepala negara/pemerintahan, di antaranya dengan Presiden China Xi Jinping, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan, dan Presiden Jokowi.

Saat sela-sela KTT G20, Biden menghadiri pertemuan Kemitraan Infrastruktur dan Investasi Global (PGII), serta melakukan pertemuan darurat bersama negara perwakilan NATO. Sebelumnya rombongan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan rombongan kepala delegasi Rusia Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov juga telah meninggalkan Bali pada Selasa (15/11/2022) malam WIB.

Indonesia menjabat Presidensi G20 pada 2022 dan telah menyelenggarakan KTT G20 pada 15-16 November di Bali. Presidensi G20 pada 2023 diserahkan kepada India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement