Rabu 16 Nov 2022 17:23 WIB

Tiga Bandara AP II Sudah Layani 29 Penerbangan Delegasi G20

Operasional penerbangan kenegaraan memenuhi seluruh prosedur yang ditetapkan.

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Kendaraan listrik keluar dari SPKLU listrik usai melakukan pengisian batrei usai diresmikan di  Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (9/11/2022). Dibukanya SPKLU Bandara Soekarno Hatta sebagai bentuk kontribusi Angkasa Pura II dalam percepatan pengembangan mobil listrik di tanah air serta mendukung Presidensi G20 tahun 2022 untuk kawasan bandara Soetta.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Kendaraan listrik keluar dari SPKLU listrik usai melakukan pengisian batrei usai diresmikan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (9/11/2022). Dibukanya SPKLU Bandara Soekarno Hatta sebagai bentuk kontribusi Angkasa Pura II dalam percepatan pengembangan mobil listrik di tanah air serta mendukung Presidensi G20 tahun 2022 untuk kawasan bandara Soetta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Operasional penerbangan kenegaraan terkait penyelenggaraan KTT G20 berjalan lancar di tiga bandara PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) sejak 11 Novelber 2022. Ketiga bandara tersebut yaitu Soekarno-Hatta (Banten), Halim Perdanakusuma (DKI Jakarta), dan Bandara Banyuwangi (Jawa Timur).

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menuturkan operasional penerbangan kenegaraan memenuhi seluruh prosedur yang ditetapkan. “Proses administratif dan teknis telah dipenuhi, termasuk perizinan yang diperlukan. Penerbangan kenegaraan dalam rangka KTT G20 berjalan lancar di bandara-bandara AP II,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (16/11/2022). 

Baca Juga

Dia memastikan, AP II siaga untuk melayani penerbangan kenegaraan hingga 18 November 2022. Awaluddin menuturkan, AP II berusaha memastikan semua operasional penerbangan delegasi G20 berjalan lancar. 

Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid mengubgkapkan, pada periode 11-15 November 2022 tercatat total 29 penerbangan kenegaraan terkait KTT G20 di tiga bandara AP II. Penerbangan tersebut terdiri dari 23 penerbangan kedatangan dan enam penerbangan keberangkatan.

 

Wasid merinci, di Bandara Soekarno-Hatta pada 11-15 November 2022 terdapat 10 penerbangan kedatangan dan dua penerbangan keberangkatan. Sementara di Bandara Halim Perdanakusuma sebanyak tujuh penerbangan kedatangan dan satu penerbangan keberangkatan dan di Bandara Banyuwangi sebanyak enam penerbangan kedatangan dan tiga penerbangan keberangkatan.

“Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan kenegaraan Arab Saudi, Turki dan Kamboja. Sementara itu, Bandara Halim Perdanakusuma melayani penerbangan kenegaraan Korea Selatan dan Amerika Serikat dan Bandara Banyuwangi melayani penerbangan kenegaraan Indonesia dan Cina,” jelas Wasid. 

Wasid menambahkan, per 15 November 2022 terdapat 17 unit pesawat yang menginap. Pesawat tersebut yakni delapan unit pesawat meninap di Bandara Soekarno-Hatta, lalu enam unit menginap di Bandara Halim Perdanakusuma, dan tiga unit menginap di Bandara Banyuwangi.

Wasid menuturkan, Bandara Banyuwangi juga menjadi base bagi pesawat modifikasi cuaca dan pesawat Hercules TNI AU guna mendukung kegiatan KTT G20. “AP II mendirikan posko layanan terpadu di ketiga bandara tersebut untuk memastikan penerbangan kenegaraan terkait KTT G20 berjalan dengan lancar,” tutur Wasid. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda menuturkan posko G20 di Bandara Soekarno-Hatta ditempatkan langsung di Terminal VIP yang ada di kawasan Terminal 3. Posko tersebut dibuka memastikan operasional penerbangan berjalan lancar. “Parking stand bagi pesawat kenegaraan juga ditempatkan di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Dwi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement