Jumat 18 Nov 2022 17:47 WIB

Banjir Rendam Pemukiman Warga di Mamuju

Permukiman warga ada yang terendam dengan ketinggian sekitar satu meter.

Warga korban banjir di Mamuju membawa bantuan logistik  (ilustrasi)
Foto: Antara/Akbar Tado
Warga korban banjir di Mamuju membawa bantuan logistik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  MAMUJU -- Hujan deras yang terjadi sejak Jumat pukul 04.00 WITA membuat Sungai Mamunyu yang melintas di Kota Mamuju meluap. Akibatnya, air banjir merendam permukiman di Kelurahan Mamunyu Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Permukiman warga yang berada di sekitar pinggir sungai menjadi terendam dengan ketinggian sekitar satu meter sehingga sebagian warga mengungsi. "Permukiman warga terendam hingga setinggi perut manusia dewasa di sekitar jalan Ir Juanda Kota Mamuju, dan sekitar pinggir Sungai Kota Mamuju yang terletak di Kelurahan Mamunyu," kata Iksan salah seorang warga.

Baca Juga

Menurut dia, peristiwa banjir tersebut baru pertama kali terjadi sehingga membuat panik warga. Banjir tersebut dianggap warga cukup parah sehingga warga terpaksa mengungsi ke tempat aman. "Hujan berlangsung cukup lama hingga delapan jam sehingga merendam ratusan rumah di wilayah itu," katanya.

Ia mengatakan, banjir juga merendam jalur trans Sulawesi serta sejumlah sekolah dan fasilitas pemerintah. Sementara itu Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, telah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membantu warga yang terdampak banjir. 

Ia juga meminta agar warga Kota Mamuju dan sekitarnya tetap waspada. Karena cuaca ekstrem terjadi dapat mengakibatkan banjir dan longsor.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement