Sabtu 19 Nov 2022 15:49 WIB

Hadiri Muktamar, Puan Maharani Harap Muhammadiyah Terus Berpartisipasi Membangun Bangsa

Puan Maharani menghadiri Muktamar Muhammadiyah.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil
Gibran Rakabuming dan Puan Maharani menghadiri pembukaan muktamar Muhammadiyah di Solo.
Foto: C02
Gibran Rakabuming dan Puan Maharani menghadiri pembukaan muktamar Muhammadiyah di Solo.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Peresmian Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah yang digelar di Solo, Jawa Tengah. Ia berharap Muhammadiyah terus berpartisipasi membantu membangun bangsa.

"Selamat Milad ke-110 Muhammadiyah. Teruslah memajukan Indonesia, serta ikut mencerahkan semesta, menjaga jati diri bangsa, Indonesia yang berketuhanan dan berkebudayaan," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga

Puan mengatakan semangat pengabdian membuat Muhammadiyah terus bertahan dan berkembang. Puan mengatakan, Muhammadiyah telah berpartisipasi aktif  dan bergotong royong bersama komponen bangsa lain untuk mendirikan, merawat dan memajukan Indonesia.

"Kita patut mencontoh teladan Muhammadiyah dalam berdakwah yang dibarengi dengan tindakan amal nyata bagi masyarakat," ujarnya.

 

Mantan Menko PMK itu menyebut, Muhammadiyah mendirikan ratusan rumah sakit dan klinik untuk menjaga kesehatan masyarakat. Muhammadiyah juga mendirikan ribuan sekolah sejak pendidikan dasar hingga perguruan tinggi dalam rangka mencerdaskan bangsa.

"Demi mensejahterakan masyarakat dan umat, Muhammadiyah mendirikan dan mengelola ribuan panti asuhan dan amal sosial lain serta amal usaha," ungkapnya.

Dirinya menyinggung soal sang kakek yang mengagumi pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan. Puan menyatakan, Bung Karno kemudian berguru kepada KH Ahmad Dahlan dan menjadi anggota Muhammadiyah tahun 1938.

"Bung Karno mengabdikan diri kepada Muhammadiyah sebagai guru sekaligus ketua majelis pendidikan dan pengajaran Muhammadiyah di Bengkulu," tuturnya.

Puan lalu mengucapkan selamat bermuktamar kepada warga Muhammadiyah. Dalam Muktamar juga akan dilakukan pemilihan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2022-2027.

"Selamat bermuktamar bagi keluarga besar Muhammadiyah, semoga acara dapat berjalan dengan lancar," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement