Senin 21 Nov 2022 12:55 WIB

Southgate Minta Inggris Tampil Tenang Saat Hadapi Iran

Southgate berharap bisa menghibur rakyat Inggris yang telah menghadapi krisis.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate
Foto: Nick Potts/PA via AP
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menyampaikan keinginan memberikan hadiah spesial untuk para penggemar the Three Lions dalam perjalanan mereka ke Qatar untuk menyaksikan Piala Dunia 2022. Inggris tergabung dalam Grup B Piala Dunia 2022 bersama Amerika Serikat, Iran, dan Wales. 

Saat ini, Raheem Sterling dan kawan-kawan bersiap menghadapi Iran di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Senin (21/11), pukul 20.00 WIB. "Tantangan kami adalah memberikan pendukung kami sebuah turnamen yang berkesan," kata Southgate menegaskan dilansir laman resmi FA, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

Southgate telah membawa Inggris dalam perjalanan yang fantastis yakni mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan partai final kejuaraan Euro 2020. Dalam krisis global yang tengah dialami sebagian besar negara Eropa termasuk Inggris, Southgate berharap bisa memberikan nilai yang berarti untuk negaranya.

"Negara kami sedang mengalami masa sulit, kami ingin mereka melakukan perjalanan dengan tim yang membawa kebahagian sejati," kata Southgate.

Merujuk dari segi kualitas, pemain Inggris lebih diunggulkan daripada Iran. Sebab, tim Tiga Singa memiliki sosok seperti Harry Kane, Jude Bellingham, dan Mason Mount yang notabene bermain di level elite sepak bola Eropa. Namun, Southgate menegaskan timnya membutuhkan konsentrasi pun kreativitas selama berada di atas lapangan. Sebab, Iran dapat menghadirkan kejutan.

"Kami tak boleh frustrasi saat membutuhkan waktu untuk mencetak gol. Harus percaya diri melawan tim seperti Iran, yang memang sulit untuk mencetak gol. Anda harus merespons dengan cara yang benar," kata dia.

Dari segi performa, Inggris kurang meyakinkan. Runner-up Euro 2020 tanpa satu pun kemenangan dalam enam laga terakhir. Itu juga yang membuat tim polesan Gareth Southgate terdegradasi dari UEFA Nations League.

Sebaliknya, Iran menunjukkan permainan yang menjanjikan dalam tiga uji coba terakhir mereka. Iran mampu mengalahkan Uruguay lewat gol tunggal Mehdi Taremi, imbang 1-1 dengan Senegal, dan menang 1-0 atas Nikaragua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement