Senin 21 Nov 2022 23:55 WIB

Uni Eropa: Konferensi Perubahan Iklim PBB Langkah Kecil Menuju Keadilan

Konferensi perubahan iklim PBB COP27 “menandai langkah kecil menuju keadilan iklim,”

Konferensi perubahan iklim PBB COP27 menandai langkah kecil menuju keadilan iklim
Konferensi perubahan iklim PBB COP27 menandai langkah kecil menuju keadilan iklim

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Konferensi perubahan iklim PBB COP27 “menandai langkah kecil menuju keadilan iklim,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Ahad (20/11/2022)

Pada konferensi di Sharm el-Sheikh, Mesir, hampir 200 negara membuat kesepakatan bersejarah untuk menentukan dana “kerugian dan kerusakan” untuk membantu negara-negara rentan yang terkena dampak perubahan iklim.

"Kami telah mengobati beberapa gejala tetapi tidak menyembuhkan pasien dari demamnya," kata von der Leyen.

"Kami sedang membangun kembali kepercayaan. Ini sangat penting untuk bergerak maju karena tidak akan ada tindakan yang bertahan lama melawan perubahan iklim tanpa keadilan iklim."

Dia juga mengatakan tujuan kenaikan suhu tidak lebih dari 1,5C tetap hidup di COP27 namun menambahkan: "Sayangnya, bagaimanapun, itu belum memenuhi komitmen penghasil emisi utama dunia untuk menghentikan bahan bakar fosil, atau komitmen baru pada mitigasi iklim.”

Dana “kerugian dan kerusakan” adalah kemenangan besar bagi negara-negara miskin, yang telah lama meminta kompensasi atas bencana terkait iklim. Namun, negara-negara kaya telah lama menentang gagasan itu.

Rincian tentang bagaimana dana itu akan beroperasi masih tetap tidak jelas. Resolusi pertemuan juga meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang kapan itu akan diselesaikan dan mulai beroperasi, dan bagaimana tepatnya itu akan diberikan.

Kesepakatan pada hari Ahad (20/11/2022) diambil setelah pembicaraan maraton antara delegasi dari sekitar 200 negara yang melampaui tanggal akhir KTT, yang semula dijadwalkan selesai pada hari Jumat.​​​​​​​

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/uni-eropa-konferensi-perubahan-iklim-pbb-langkah-kecil-menuju-keadilan-/2743822
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement