Selasa 22 Nov 2022 13:09 WIB

Sebut Sudah Pengalaman, Wapres Optimistis Indonesia Mampu Gelar FIFA U20 2023

Indonesia juga dinilai berhasil dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan olahraga

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Akbar
Wakil Presiden Maruf Amin didampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Ketua Baznas Noor Ahmad saat konferensi pers di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (21/11).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden Maruf Amin didampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Ketua Baznas Noor Ahmad saat konferensi pers di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin optimistis Indonesia mampu menyelenggarakan Piala Dunia FIFA U-20 pada 2023 mendatang.

Ma'ruf mengatakan, Indonesia sudah memiliki pengalaman menggelar kegiatan internasional seperti ASIAN Games 2018, MotoGP di Mandalika dan Presidensi G20 Tahun 2022.

"Indonesia sudah punya pengalaman menyelenggarakan tingkat ASEAN, MotoGP dan yang bukan olahraga baru saja G20," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Selasa (22/11).

Ma'ruf mengatakan, Indonesia juga dinilai berhasil dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan itu. Karena itu, kepercayaan ini, kata Ma'ruf, menjadi modal untuk pelaksanaan FIFA U-20 tahun depan.

"Dan kita dianggap berhasil karena itu saya kira di U20 juga kita tentu insya allah akan bisa menyelenggarakan dengan baik," ujarnya.

Ma'ruf juga mengatakan Indonesia juga akan mengadopsi pengalaman negara-negara lain yang terlebih dahulu menyelenggarakan kegiatan olahraga empat tahunan tersebut. Termasuk Piala Dunia 2022 di Qatar yang pembukaannya dinilai sukses.

"Penyelenggaraan itu tentu yang baik pasti, yang baiknya itu akan ditiru Indonesia, baik pengalaman maupun dengan contoh lain yang kita anggap baik," ujarnya.

Sebelumnya, Ma'ruf juga berharap Indonesia bisa penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar menginspirasi sepak bola Indonesia agar lebih berprestasi. Ma'ruf mengatakan, selain menjadi tuan rumah gelaran empat tahun sekali ini, sepak bola Qatar juga memiliki prestasi.

 

Karena itu, dia mengharapkan Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah, tetapi juga berprestasi dalam kejuaraan tersebut.

Apalagi, kata Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia tersebut, prestasi Tim Nasional Indonesia U-20 kini mengalami perbaikan.

"Kita harapkan ini akan memicu supaya kita jangan hanya menjadi tuan rumah yang baik, tetapi juga menjadi tuan rumah yang punya prestasi yang baik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement