Selasa 22 Nov 2022 19:09 WIB

Indra Sjafri Bicara Soal Dukung Jerman dan Lionel Messi di Piala Dunia 2022

Indra Sjafri membahas dukung Jerman dan berbakatnya Lionel Messi di Piala Dunia 2022.

Indra Sjafrie. Indra Sjafri membahas dukung Jerman dan berbakatnya Lionel Messi di Piala Dunia 2022.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Indra Sjafrie. Indra Sjafri membahas dukung Jerman dan berbakatnya Lionel Messi di Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Dunia 2022 di Qatar telah memasuki hari ketiga. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan tetap konsisten mendukung Jerman untuk menjuarai Piala Dunia tahun ini.

"Saya konsisten dengan Jerman. Maka saya berharap Jerman lawan Argentina di final," kata Indra Sjafri dalam acara peluncuran Lionel Messi sebagai Brand Ambassador Aice di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga

Indra Sjafri mengatakan, dia kerap ditanyakan oleh banyak orang, memiliki Lionel Messi dari Argentina atau Christiano Ronaldo dari Portugal, secara otomatis dia memilih Messi.

"Otomatis saya jawab Messi, karena memiliki talent luar biasa. Ronaldo proses membuatnya luar biasa. Messi tanpa dilatih sudah bagus, dilatih makin bagus talentanya," kata Indra Sjafri.

Dalam berbagai seminar kepelatihan, lanjut dia, Messi menjadi diskusi yang sangat menarik untuk membahas strategi. Apapun taktik yang dilakukan lawan akan sangat mudah dengan memiliki satu Messi untuk membuat antitaktikalnya.

Di Indonesia sendiri, dulu melihat pemain berbakat hanya dari pengamatan sederhana saja. Tapi saat ini, begitu banyak instrumen dan parameter untuk menentukan pemain berbakat.

"Kalau saya tipe yang nggak lama-lama memilih pemain. Saya sudah bisa melihat kata Evan (Dimas), Egi (Maulana Vikri) dan Witan (Sulaiman) sejak mereka 12 tahun," kata Indra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement