Jumat 25 Nov 2022 11:32 WIB

Ketimbang Ronaldo, Rafael Leao Lebih Layak Jadi Starter di Timnas Portugal

Tampil sebagai pemain pengganti, Leao hanya butuh waktu tiga menit cetak gol

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Portugal Rafael Leao merayakan gol ketiga timnya melawan Ghana selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia di Stadion 974 di Doha, Qatar, Kamis, 24 November 2022.
Foto: AP/Manu Fernandez
Pemain Portugal Rafael Leao merayakan gol ketiga timnya melawan Ghana selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia di Stadion 974 di Doha, Qatar, Kamis, 24 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Rafael Leao sukses menyumbang satu gol kala Portugal menundukan Ghana, 3-2, di laga kedua penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, Jumat (24/11/2022) dini hari WIB.

Tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-77, Leao hanya butuh waktu tiga menit untuk bisa mencetak gol di laga tersebut. Winger AC Milan itu mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang Ghana setelah menerima umpan Bruno Fernandes.

Ini sekaligus menjadi gol debut Leao buat Timnas Portugal sejak dipercaya melakoni debut bersama tim senior Portugal di laga persahabatan pada 2021 silam.

Performa Leao ini pun mendapatkan pujian, tidak terkecuali dari mantan gelandang bertahan Liverpool dan Timnas Jerman, Dietmar Hamann.

Menurutnya, kehadiran winger berusia 23 tahun itu berimbas pada meningkatkan tempo dan ritme permainan Timnas Portugal. Kondisi ini jauh berbeda dibanding saat Cristiano Ronaldo masih merumput.

Menilik kondisi ini, Hamann menilai, Leao lebih layak untuk tampil sebagai starter di Timnas Portugal, ketimbang Ronaldo. ''Bersama Ronaldo, Portugal terlihat seperti orang berjalan.”

“Saya rasa, Leao lebih layak berada di tim inti. Di era sepak bola modern, jika Anda tidak bisa tampil dengan tempo dan ritme permainan yang tinggi, maka Anda akan kesulitan mencetak gol,'' ujar Hamann kepada ITV, Jumat (24/11/2022).

Pandang tidak jauh berbeda diungkapkan oleh mantan pelatih Timnas Mozambik, Luis Goncalves. Menurut pelatih asal Portugal tersebut, kehadiran Leao di laga tersebut mampu mengubah wajah permainan Timnas Portugal.

Masuknya Leao, kata Goncalves, menjadi salah satu kunci keberhasilan tim besutan Fernando Santos itu dalam membungkam Ghana. ''Kehadiran Rafael Leao sangat menentukan.”

“Setelah kehadirannya, Joao Felix bisa mencetak gol, kemudian Leao menambah keunggulan. Saat bisa meningkatkan ritme dan tempo permainan, Portugal benar-benar bisa membuat Ghana dalam kesulitan,'' kata Goncalves seperti dikutip Football Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement