Senin 28 Nov 2022 21:05 WIB

Roket India Luncurkan Satelit dan 9 Pesawat Kecil ke Orbit

Satelit akan memantau suhu permukaan laut selama lima tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Satelit - ilustrasi
Foto: Spacenews.com
Satelit - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah roket India meluncurkan satelit pengamat laut dan delapan pesawat ruang angkasa kecil pada Sabtu (26/11/2022). Roket Kendaraan Peluncur Satelit Kutub (PSLV) lepas landas dari Satish Dhawan Space Centre, di pantai tenggara India.

Dilansir dari Space, Senin (28/11/2022), PSLV empat tahap setinggi 44 meter menyebarkan muatan utama, Earth Observation Satellite-06 (EOS-06), lebih dari 17 menit setelah lepas landas, sekitar 462 mil (743 kilometer) di atas Bumi.

Baca Juga

EOS-06 seberat 1.117 kilogram adalah pesawat ruang angkasa ketiga dalam seri Oceansat India. Satelit akan menggunakan tiga instrumen sains untuk memantau suhu permukaan laut selama lima tahun. EOS-06 juga membawa instrumen keempat yang akan membantu mengirimkan data kembali ke Bumi.

Setelah menurunkan EOS-06, bagian atas PSLV melakukan serangkaian manuver, turun untuk mengerahkan delapan satelit kecil pada ketinggian sekitar 520 km.Pesawat yang membawa muatan ini sangat beragam.

Misalnya, empat di antaranya adalah satelit kubus “Astrocat”, pesawat luar angkasa seukuran sepotong roti yang akan mendemonstrasikan teknologi “internet of things”. Satu lagi, bernama Anand, akan “mendemonstrasikan kemampuan dan aplikasi komersial dari miniatur kamera observasi Bumi” di orbit rendah Bumi.

Misi Sabtu (26/11/2022) menandai penerbangan PSLV ke-56. Roket itu adalah pengangkat menengah India, yang mampu mengirimkan hingga 1.750 kg muatan ke orbit kutub sinkron matahari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement