Selasa 29 Nov 2022 19:53 WIB

Putin Puji Kian Eratnya Kerja Sama Energi Rusia-China

Industri energi tetap menjadi salah satu bidang kerja sama ekonomi China-Rusia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato pada Kongres Nasional Hakim ke-10 di Moskow, Rusia, Selasa, 29 November 2022.
Foto: Valery Sharifulin, Sputnik, Kremlin Pool Phot
Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato pada Kongres Nasional Hakim ke-10 di Moskow, Rusia, Selasa, 29 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hubungan negaranya dengan China terus berkembang meskipun situasi dunia tidak stabil. Dia pun mengapresiasi kian eratnya kerja sama bilateral kedua negara, terutama di bidang energi.

“Terlepas dari situasi internasional yang rumit, kemitraan komprehensif serta ikatan interaksi strategis antara Rusia dan China terus berkembang. Industri energi tetap menjadi salah satu bidang kerja sama ekonomi kita yang utama dan berkembang paling cepat,” kata Putin dalam pesannya kepada para peserta the Fourth Russian-Chinese Energy Business Forum, dilaporkan laman kantor berita Rusia, TASS, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga

Pesan dari Putin itu dibacakan oleh CEO Rosneft Igor Sechin. Menurut Putin, baru-baru ini Rusia dan China berhasil memastikan tingkat hubungan bilateral yang cukup tinggi di bidang energi, mencakup sektor minyak, gas, dan batu bara. Kedua negara pun bekerja secara konsisten untuk mengimplementasikan proyek bersama skala besar di pembangkit listrik tenaga nuklir China dan produksi gas alam cair.

Putin kemudian menyoroti peningkatan peran Russian-Chinese Energy Business Forum dalam memperluas kerja sama bilateral. Hal itu dilakukan dengan menggelar dialog rutin yang melibatkan, tak hanya para pejabat dari kedua negara, tapi juga perusahaan industri terkemuka, lembaga perbankan, dan komunitas pakar.

“Bidang kegiatan forum yang paling penting adalah pembuatan peta investasi kerja sama energi Rusia-China. Pengembangan platform informasi dan analitik yang unik ini tidak diragukan lagi membuka peluang baru untuk implementasi inisiatif komersial yang saling menguntungkan,” kata Putin.

Putin menambahkan, ia mengharapkan agar Russian-Chinese Energy Business Forum dapat melakukan kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat. Selain itu, dia berharap gagasan dan usulan yang diajukan oleh para peserta di forum tersebut dapat dimanfaatkan secara praktis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement