Senin 05 Dec 2022 21:43 WIB

UGM Juara 2 Pimnas 2022

UGM meraih 19 medali di Pimnas 2022.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil
 Juara 2 Pimnas 2022, UGM raih medali terbanyak. Foto:  Kampus UGM Yogyakarta/Ilustrasi
Foto: Republika
Juara 2 Pimnas 2022, UGM raih medali terbanyak. Foto: Kampus UGM Yogyakarta/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara 2 pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 yang berlangsung di kampus Universitas Muhammadiyah Malang pada 30 November-3 Desember 2022. Meski demikian, UGM meraih medali terbanyak pada kompetisi tersebut.

Kontingen UGM berhasil meraih 19 medali dengan perolehan 3 emas, 3 perak dan 4 perunggu untuk kategori presentasi. Sedangkan kategori poster mendapat 4 emas, 1 perak dan 4 perunggu. Sementara Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi juara umum dengan mengumpulkan 13 medali dengan mendapat 5 emas, 3 perak dalam kategori presentasi. Sedangkan di kategori poster mendapat 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Baca Juga

Direktur Kemahasiswaan UGM, Sindung Tjahyadi, mengatakan pihaknya mengaku bersyukur atas capaian yang didapat oleh kontingen mahasiswa UGM. Meski tidak berhasil menjadi juara umum berturut-turut untuk kelima kalinya, namun para mahasiswa telah berupaya maksimal dalam setiap kompetisi.

"Kita tetap bersyukur atas capaian ini dan mengapresiasi yang didapat oleh mahasiswa dengan banyaknya medali yang diperoleh," kata Sindung dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/12/2022).

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud Ristek, Sri Gunani Partiwi, mengatakan Pimnas kali ini diikuti 97 universitas yang terdiri dari 370 tim yang barhasil masuk menjadi finalis. "Kita menerima 37 ribu proposal, peserta yang masuk finail ada 370 tim, sekitar satu persen dari seluruh proposal yang masuk," kata Sri Gunani Partiwi.

Sri berharap setiap karya yang telah dihasilkan bisa dilanjutkan pemanfaatannya bagi masyrakat yang lebih luas. "Kita ingin mereka bisa mengimplementasikan karyanya bermanfaat bagi bangsa dan negara," ucapnya.

Ketua panitia pelaksanan Pimnas ke-35, Hariyadi MP, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama seluruh kontingen yang berpartisipasi pada penyelenggraan Pimnas kali ini sehingga bisa terselenggara dengan baik. "Lewat Pimnas ini kita bisa membangun kolaborasi dan persaudaraan antar mahasiswa serta mendorong semangat berkreasi di kalangan mahasiswa," ujarnya.

Untuk diketahui, urutan peringkat sepuluh besar Pimnas ke 35 kali ini yakni IPB, UGM, ITS, Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya. Disusul Universitas Ailrlangga, Universitas Hasanuddin, Institut Seni Indonesia Surakarta, ITB dan Universitas Negeri Medan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement