Sabtu 10 Dec 2022 04:15 WIB

Sherbat, Minuman Ringan Pertama di Dunia

Sherbet begitu populer hingga awal abad ke-20 M.

Tokoh Bala Hatun dalam serial Kurulus: Osman, hendak menuangkan sherbet.
Foto: dok. Kurulus: Osman/ATV
Tokoh Bala Hatun dalam serial Kurulus: Osman, hendak menuangkan sherbet.

IHRAM.CO.ID,  Bisnis minuman ringan alias soft drink kini begitu menggurita. Sebagian besar binis minuman ringan ternyata dikuasai perusahan Eropa dan Amerika. Ternyata soft drink berawal dan berakar dari komunitas masyarakat Islam di era kejayaan. Minuman ringan yang pertama kali dikembangkan di dunia bernama Sherbet.

Minuman ringan yang populer di dunia Islam itu terbuat dari jus atau ekstrak bunga atau rempah-rempah dan ditambah gula serta air. Bentuknya mirip sirup dan diminum dengan ditambahi es. Sherbet begitu populer hingga awal abad ke-20 M. Pada era itu, masyarakat dunia kesulitan untuk mendapatkan buah-buahan segar.

Baca Juga

Sherbet berasal dari bahasa Arab shariba atau meminum. Konon, kata syrup juga berasal dari sherbet. Masyarakat Turki Usmani menyeruput sherbet sebelum dan ketika makan.

Di Turki, sherbet disajikan dengan beragam makanan khas Ottoman. Selain masyarakat Muslim Turki, orang Mesir juga memiliki kebiasaan meminum sharaab atau sherbet. Orang Mesir memiliki beragam jenis sherbet atau minuman manis.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement