Ahad 11 Dec 2022 12:30 WIB

Amerika Serikat Tekan PBB Soal Daftar Hitam Bisnis Permukiman Israel

Washington meminta daftar hitam bisnis permukiman Israel tidak dipublikasikan

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Desa Khan al-Ahmar, Palestina yang akan digusur Israel untuk perluasan permukiman yahudi. Washington meminta daftar hitam bisnis permukiman Israel tidak dipublikasikan
Foto: The Jerussalem Post
Desa Khan al-Ahmar, Palestina yang akan digusur Israel untuk perluasan permukiman yahudi. Washington meminta daftar hitam bisnis permukiman Israel tidak dipublikasikan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Amerika Serikat (AS) mengatakan pihaknya mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk tidak memperbarui daftar hitam perusahaan yang melakukan bisnis di permukiman Israel, meskipun Washington menyerukan sekutunya untuk menghentikan ekspansi di wilayah Palestina yang diduduki. 

Departemen Luar Negeri mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa mereka telah mendekati kantor hak asasi manusia PBB dengan kekhawatiran tentang daftar tersebut, yang publikasi pertamanya pada 2020 membuat marah Israel. 

Baca Juga

Amerika Serikat "terus menentang pekerjaan apa pun untuk memperbaruinya" dan telah menyuarakan keprihatinan "langsung dengan Kantor Komisaris Tinggi" untuk hak-hak, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel kepada wartawan. 

“Pandangan kami adalah bahwa basis data ini hanya berfungsi untuk memperkuat bias anti-Israel yang terlalu sering menemukan daya tarik di tempat-tempat PBB," katanya dilansir dari Ahram, Ahad (11/12/2022). 

"Selain itu, basis data ini menimbulkan ancaman nyata bagi perusahaan yang melakukan bisnis atau mempertimbangkan operasi bisnis di kawasan ini." 

Publikasi awal yang mencantumkan perusahaan Amerika Serikat termasuk Airbnb, Expedia, dan TripAdvisor dikecam oleh pemerintahan Donald Trump saat itu, yang telah membalikkan penentangan lama Amerika Serikat terhadap permukiman di Tepi Barat. 

Menteri Luar Negeri, Antony Blinken, dalam pidatonya hari Minggu memperingatkan pemerintah sayap kanan Benjamin Netanyahu yang akan datang, bahwa Amerika Serikat akan menentang perluasan permukiman serta setiap upaya untuk mencaplok Tepi Barat. 

Axios, mengutip sumber-sumber Israel, mengatakan bahwa kepala hak asasi PBB yang baru, Volker Turk, menghadapi pilihan yang akan datang tentang apakah akan memperbarui daftar dan mungkin melakukannya dengan tenang tanpa mengumumkannya. 

Baca juga: Hidayah adalah Misteri, Dunia Clubbing Pintu Masuk Mualaf Ameena Bersyahadat

 

Laporan PBB itu datang sebagai tanggapan atas resolusi Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada 2016 yang menyerukan basis data untuk semua bisnis yang terlibat dalam kegiatan khusus yang terkait dengan permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki.  

Setelah daftar itu dipublikasikan, Airbnb mengatakan akan berhenti beriklan di permukiman tetapi mundur setelah reaksi keras di Amerika Serikat dan Israel. 

Di Norwegia, daftar itu membuat sovereign wealth fund membuang perusahaan yang terlibat dalam permukiman, dengan alasan kekhawatiran atas pelanggaran hak asasi manusia. 

 

Sumber: ahram   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement