Selasa 13 Dec 2022 16:41 WIB

Kakanwil Jabar: Haji Mabrur dengan Manasik Haji

Wawasan jamaah haji tidak hanya terbatas pada ritual ibadah haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah calon jamaah haji mengikuti manasik haji di halaman Masjid Pusdai, Kota Bandung, Kamis (26/5/2022). Kakanwil Jabar: Haji Mabrur dengan Manasik Haji
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah calon jamaah haji mengikuti manasik haji di halaman Masjid Pusdai, Kota Bandung, Kamis (26/5/2022). Kakanwil Jabar: Haji Mabrur dengan Manasik Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan ibadah haji 2023 diperkirakan akan berlangsung dalam lima bulan ke depan. Berbagai persiapan untuk jamaah haji pun sudah mulai dilaksanakan.

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Annihayah Karawang contohnya, mulai menyelenggarakan manasik haji untuk memberikan pembinaan bagi jamaah hajinya. Penyelenggaraan Manasik Haji tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ajam Mustajam.

Baca Juga

Ia didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang, Dadang Ramdani, di Pendopo Pondok Pesantren Annihayah, Kabupaten Karawang, Ahad (11/12/2022). Dalam sambutannya, Ajam mengatakan sudah mengenal KBIHU Annihayah dari awal pendiriannya di 2001. Saat awal berdiri, KBIHU Annihayah hanya di tanah seluas sekitar 200 meter, namun sekarang perkembangannya sudah mampu mendirikan yayasan pondok pesantren dengan tanah yang sangat luas.

"Sekarang dengan jumlah jamaah haji yang sangat banyak, KBIHU harus dapat memberikan pembinaan agar jamaah haji dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan lancar dan mabrur," ujar dia dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Selasa (13/12/2022).

 

Ia menyebut, dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji harus secara menyeluruh dan tidak boleh pilih-pilih. Hal ini mengingat jamaah haji tersebut harus dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun haji.

Selain itu, jamaah haji dapat meraih haji yang mabrur dan mabrurah dimana nilai-nilai ibadah hajinya masih dilaksanakan, sesampainya di Tanah Air. "Maka dari itu, saya berharap dengan dilaksanakannya manasik haji di KBIHU Annihayah dapat memberikan dan menambah pengetahuan, serta wawasan jamaah haji," lanjutnya.

Ia menilai, wawasan jamaah haji tidak hanya terbatas pada ritual ibadah haji, tetapi mengenai kesehatan selama melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji merupakan ibadah yang banyak melibatkan kekuatan fisik.

Saat ini, KBIHU Annihayah yang dipimpin oleh KH. Tatang Syihabudin memiliki 404 jamaah haji yang akan diberangkatkan pada penyelenggaraan ibadah haji 2023. Mayoritas jamaah haji ini berasal dari para petani yang ada di Kabupaten Karawang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement