Rabu 14 Dec 2022 17:39 WIB

Pemkot Sukabumi Gencarkan Optimalisasi Pengelolaan Sampah, Begini Caranya

Keberadaan mosam ini sangat penting dalam mengangkut sampah di lingkungan,

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Pemkot Sukabumi berupaya memperkuat pengelolaan sampah. Salah satunya dengan pengadaan sepuluh motor sampah (Mosam) yang diserahkan kepada 10 kelurahan di Balai Kota Sukabumi, Rabu (14/12/2022).
Foto: istimewa
Pemkot Sukabumi berupaya memperkuat pengelolaan sampah. Salah satunya dengan pengadaan sepuluh motor sampah (Mosam) yang diserahkan kepada 10 kelurahan di Balai Kota Sukabumi, Rabu (14/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi berupaya memperkuat pengelolaan sampah. Salah satunya dengan pengadaan sepuluh motor sampah (Mosam) yang diserahkan kepada 10 kelurahan di Balai Kota Sukabumi, Rabu (14/12/2022).

Keberadaan mosam ini sangat penting dalam mengangkut sampah di lingkungan, sehingga harus dirawat dan dipelihara dengan baik. '' Sampah jadi permasalahan dan dinamika yang luar biasa, oleh karenanya pemda dan aparat wilayah bertanggungjawab penuh terkait pengelolaan masalah sampah,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Baca Juga

Mulai dari edukasi kepada masyarakat hingga pengelolaan dan pengangkutan sampah. Fahmi mengatakan, pengadaan motor sampah terakhir pada 2016 dan banyak berubah wujud serta ada yang tidak bisa maksimal digunakan. Diantaranya 10 kelurahan, ini makanya dipriritaskan mendapatkan alokasi motor sampah dan Insya Allah kelurahan lain di tahun depan.

Mosam kata Fahmi, harus digunakan tetapi disisi lain harus dirawat serta bagaimana biaya perawatan disiapkan. '' Gunakan dan pelihara baik baik, dirawat dengan benar sangat tergantung dengan perawatan dan kerapihan operatornya,'' imbuh dia.

Lurah lanjut Fahmi, harus mengingatkan operator apabila kendaraan tidak dirawat dengan baik dan benar. Sebab apabila dirawat akan memberikan manfaat yang panjang.

Intinya kata Fahmi, kunci perawatan rajin membersihkan dan lurah mengingatkan agar optimal dalam melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Kendaraan mosam ini memberikan pelayanan persampahan kepada warga dalam menghadirkan layanan terbaik.

Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menambahkan, mosam ini sesuai denhan kebutuhan di lapangan. Sehingga aparat di wilayah bisa maksimal dalam penanganan sampah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement