Rabu 14 Dec 2022 19:15 WIB

Himpuh Gelar Isra Festival, Tangkap Peluang Umroh dan Wisata Halal

Pengunjung bisa mendapat beragam informasi tentang umroh dan wisata halal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Himpuh Gelar Isra Festival, Tangkap Peluang Umroh dan Wisata Halal
Foto: Istimewa
Himpuh Gelar Isra Festival, Tangkap Peluang Umroh dan Wisata Halal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) menggelar Isra Festival pada 23-25 Desember nanti. Kegiatan ini berlangsung bekerja sama dengan Traya Eksibisi Internasional.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Himpuh Firman Taufik menyebut Isra Festival merupakan momen strategis bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk membuktikan eksistensinya. Terlebih, selama dua tahun terakhir PPIU menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Saatnya membuktikan eksistensi travel haji dan umroh. Penyelenggara haji dan umroh kini juga punya produk lain, yaitu wisata halal yang membawa pelancong berwisata ke dalam dan luar negeri," ujar dia dalam konferensi pers di Hotel Gren Alia Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Wisata halal atau wisata ramah Muslim disebut berbeda dengan tur umum lainnya. Selama kegiatan, akan diperhatikan betul waktu sholat, kehalalan makanan yang diberikan, serta penjelasan destinasi dari sisi perkembangan Islam.

 

Firman lantas menyebut musim umroh telah dimulai pada awal 2022. Hal ini dilaksanakan dengan kebijakan bertahap, yang mana baru pertengahan tahun setelah haji umrah dilaksanakan dengan lebih luwes, dan kini tercatat 500ribu jamaah Indonesia sudah berangkat.

Musim umroh memiliki batas waktu, yaitu satu bulan setelah Ramadhan, sebelum dibuka kembali setelah musim haji. Ia pun menyebut kini mulai dibahas di masyarakat seputar Program Haji Furoda, yang mana informasi lebih lengkap akan disampaikan dalam festival ini.

"Sebanyak 109 booth tersedia dan semua sudah terisi. Tidak semua anggota Himpuh bisa ikut, tapi ada booth khusus Himpuh untuk memperkenalkan diri, anggotanya, serta memberi penjelasan terkait haji dan umroh," lanjutnya.

Ketelitian umat Muslim dalam memilih agen travel akan dibahas pula dalam kegiatan talkshow di hari pertama Isra Festival 2022. Tema yang diangkat adalah "Transparansi Biaya Umrah di Indonesia: Jangan Tergiur dengan Harga Murah".

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Traya Eksebisi Internasional Bambang Setiawan menyebut Isra Festival akan dilaksanakan di Hall A JCC Senayan. Di area seluas 3.000 meter persegi ini terdapat ratusan stand yang diisi oleh perusahaan travel umroh, hotel atau akomodasi halal, wisata Muslim, transportasi, makanan halal, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, dan industri pendukung.

"Pameran ini merupakan pameran pertama untuk haji, umroh, dan wisata halal. Kami berharap ini bisa menjadi pameran tahunan. Alhamdulillah kami dapat melaksanakan kegiatan ini bekerja sama dengan Himpuh, Zurich Syariah dan BSI," katanya.

Pameran Isra Festival ini mengambil tema "Muslim Friendly Tourism". Ia menyebut saat ini wisata halal tumbuh dengan luar biasa dari tahun ke tahun, dengan pasar dan kesempatan yang besar, yang bisa dikelola untuk meningkatkan ekonomi pengusaha lokal.

Kehadiran UMKM multi produk disebut akan turut meramaikan kegiatan akhir tahun ini. Harapannya, keikutsertaan dari berbagai sektor terkait haji, umrah dan wisata halal dalam pameran ini dapat menghadirkan ekosistem yang lengkap.

"Harapannya kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi pengunjung dalam mendapatkan informasi lengkap, baik tentang haji dan umroh. Pasti ada penjelasan lebih detail tentang info haji umroh dari Himpuh," ucap dia.

Bambang lantas menyebut selama kegiatan yang berlangsung tiga hari ini diharap dapat mendatangkan kurang lebih 30 ribu pengunjung. Harga tiket masuk senilai Rp 20 ribu dapat dibeli secara daring, melalui aplikasi dan website israfestival.com.

Departemen Head Hajj and Umra Ecosystem BSI Ayun Kurniawan menyampaikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah program dalam Isra Festival ini. Salah satunya adalah program pembiayaan Mitraguna Berkah, yang memberikan cicilan 0 persen selama 12 bulan bagi nasabah yang akan melaksanakan umroh.

"BSI siap menjadi mitra yang menginginkan kemudahan akses dan cepat saat membuka tabungan. Cukup dengan mengunduh aplikasi BSI Mobile dan swafoto, sudah bisa memiliki tabungan haji," katanya.

Tidak hanya menyiapkan program cicilan untuk umroh, Ayun menyebut pihaknya juga menyiapkan potongan harga sebesar Rp 1,5 juta untuk pengguna debit BSI yang berbelanja di Isra Festival. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement