Kamis 15 Dec 2022 06:50 WIB

Studi Ungkap 10 Menit Jalan Kaki Bikin Awet Muda di Usia Paruh Baya

Studi sebut 10 menit jalan kaki bisa kurangi usia biologis hingga 16 tahun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Studi sebut 10 menit jalan kaki bisa kurangi usia biologis hingga 16 tahun.
Foto: www.pixabay.com
Studi sebut 10 menit jalan kaki bisa kurangi usia biologis hingga 16 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat dari jalan kaki telah banyak diungkap ahli kesehatan. Namun kali ini sebuah studi menemukan bahwa jalan kaki 10 menit saja bisa mengurangi usia biologis hingga 16 tahun.  Apa maksud yang sebenarnya? 

Usia biologis adalah penanda kesehatan yang sangat penting. Usia kronologis adalah jumlah tahun telah hidup, misalnya lahir pada tahun 1989, jadi sekarang berusia saya 33 tahun. Usia biologis, di sisi lain, mengacu pada berapa usia sel dan jaringan berdasarkan berbagai penanda fisiologis.

Baca Juga

Para ahli percaya bahwa usia biologis dapat menjadi penanda yang lebih akurat untuk memprediksi timbulnya penyakit dan kematian. Jika menjalani gaya hidup sehat dan aktif, orang mungkin memiliki usia biologis yang jauh lebih rendah daripada seseorang yang lebih muda secara kronologis. 

Beberapa hal dapat memengaruhi usia biologis, baik mempercepatnya sehingga bisa dibilang kurang sehat daripada usia kronologis yang 'seharusnya'. Atau melindungi tubuh dari kerusakan waktu sampai taraf tertentu. Hal itu termasuk, latihan fisik, stres, merokok, pola makan, tidur, hingga lingkungan fisik.

hkah melihat seseorang yang bugar dan terlihat lebih awet muda, padahal usianya jauh lebih tua dari yang diperkirakan? Maka itu adalah gambaran dari berkurangnya usia biologis.

Sebuah studi dari awal tahun ini terhadap lebih dari 400 ribu orang dewasa Inggris menemukan bahwa jalan cepat 10 menit sehari dikaitkan dengan telomere yang lebih panjang. Ini adalah bagian dari kromosom yang terkait dengan penuaan. 

“Itu berkorelasi dengan memiliki usia biologis yang tampak 16 tahun lebih muda pada saat orang mencapai usia paruh baya,” demikian laporan, dikutip dari laman Stylist.co.uk, Kamis (15/12/2022).

Berjalan kaki yang dilakukan ke stasiun setiap pagi karena tidak pernah berangkat cukup awal untuk naik kereta dengan nyaman, misalnya, menghasilkan banyak manfaat. Orang tidak perlu berlari atau berjalan terlalu jauh untuk mendapatkan manfaat yang besar bagi seluruh tubuh. Karena berjalan cepat secara fungsional dari tempat A ke B juga sudah cukup.

Ini bukan studi pertama yang menyarankan kekuatan jalan kaki 10 menit, asalkan benar-benar cepat. Sebuah studi tahun 2017 oleh University of Leicester menemukan bahwa orang yang berjalan lambat memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk meninggal karena masalah kardiovaskular daripada orang yang menganggap diri mereka sebagai 'pejalan cepat'. 

Studi tersebut melacak 420.727 orang dewasa sehat selama periode enam tahun. Setelah mempertimbangkan hal-hal seperti merokok dan berjam-jam menonton TV, para peneliti menemukan bahwa hubungan antara kecepatan berjalan dan kesehatan jantung masih kuat.

Profesor Tom Yates, penulis utama studi dan pembaca dalam aktivitas fisik, perilaku menetap, dan kesehatan di University of Leicester, mengatakan bahwa "menunjukkan kebiasaan kecepatan berjalan adalah prediktor independen kematian terkait jantung". Pada tahun 2018, Public Health England (PHE) dan Royal College of General Practitioners mendorong negara tersebut untuk memasukkan setidaknya 10 menit jalan cepat ke dalam hari mereka. 'Active 10' disebut dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan kondisi lain yang terkait dengan ketidakaktifan.

Saat itu, Profesor Sir Muir Gray, penasihat klinis untuk aplikasi Active 10 dan kampanye One You PHE, menyarankan siapa pun dari segala usia dan tingkat aktivitas untuk melakukan jalan cepat setidaknya 10 menit sehari sebagai cara sederhana untuk menjadi lebih aktif. Hal ini terutama bagi mereka yang mungkin minum obat untuk kondisi kesehatan jangka panjang.

“Anda akan menerima lebih banyak manfaat dari berjalan cepat selama 10 menit atau lebih sehari,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement