Kamis 15 Dec 2022 17:38 WIB

FIFA Pertimbangkan Ulang Format Baru Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2026 akan diikuti 48 tim.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
FIFA
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA --FIFA dilaporkan sedang memikirkan ulang soal perubahan format pada Piala Dunia 2026, setelah babak penyisihan grup yang cukup menegangkan di Qatar. Dikutip dari Reuters, Kamis (15/12/2022), FIFA berencana mengubah format Piala Dunia di Amerika Utara empat tahun ke depan yang akan diikuti 48 tim.

Format Piala Dunia di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat itu akan sangat berbeda dengan edisi saat ini. Keputusan memang baru dipastikan tahun depan. Tapi format alternatif disebut-sebut sudah ada di atas meja Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Baca Juga

Rencananya awal Piala Dunia 2026 akan terdiri dari 16 grup, yang terdiri dari tiga tim di fase pertama. Dua tim dari tiga peserta dalam satu grup akan lolos ke fase gugur. 

Namun ada kekhawatiran format tersebut membuat kompetisi tidak menarik dan mengesampingkan suporter. FIFA juga khawatir ada tim yang main mata untuk bisa lolos bersama.

Ada dua alternatif yang saat ini diwacanakan. Pertama akan ada 12 grup yang diisi oleh empat tim. Dua tim teratas akan maju, termasuk peringkat tiga terbaik. Pilihan kedua adalah memecah kompetisi menjadi dua bagan. Dengan masing-masing bagan terdiri dari enam grup, dan pemenang masing-masing bagan akan bertemu di putaran final. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement