Kamis 15 Dec 2022 23:08 WIB

Lima Pemain yang Bakal Mencuri Perhatian di Final Piala Dunia 2022

Para pemain kunci dari Argentina dan Prancis berusaha menampilkan sinarnya di final.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
 Julian Alvarez dari Argentina merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12) dini hari WIB.
Foto: AP / Martin Meissner
Julian Alvarez dari Argentina merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola semifinal Piala Dunia antara Argentina dan Kroasia di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Setelah 62 pertandingan, Piala Dunia 2022 akhirnya tinggal menanti perebutan peringkat ketiga dan laga puncak. Sementara perebutan peringkat ketiga lebih ke formalitas, final yang mempertemukan Argentina dan Prancis menjadi duel yang dinantu. 

Les Blues mengalahkan Maroko dengan skor 2-0 di semifinal. Peringkat empat dunia itu menjadi juara bertahan pertama yang mencapai final Piala Dunia, sejak Brasil pada 1998.

Baca Juga

Selanjutnya, skuad asuhan Didier Deschamps itu berpeluang menjadi negara pertama yang mempertahankan gelar sejak Brasil pada 1962. 

Di sisi lain, tim peringkat 3 FIFA, Argentina, yang menyingkirkan runner-up 2018 Kroasia 3-0 di semifinal, mencapai final lagi setelah 2014. Lionel Messi dan Albiceleste mengincar gelar pertama sejak 1986. 

Berikut ini sejumlah pemain yang bakal menjadi sorotan dalam final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis, dikutip dari NBC, Kamis (15/12/2022):

Lionel Messi (Argentina)

Messi sudah pasti akan menjadi pusat perhatian di final. Bintang PSG itu telah meraih semua jenis trofi, mulai dari Ballon d'Or, Liga Champions, La Liga dan masih banyak yang lainnya. Hanya trofi Piala Dunia yang belum pernah diangkatnya. Pemain berusia 35 tahun itu bersiap untuk membuat sejarah, untuk melampaui Lothar Matthaus dari Jerman untuk penampilan terbanyak dalam sejarah Piala Dunia dengan 26.

Messi juga berpeluang mendapatkan sepatu emas atau Golden Boot, usai mencetak lima gol sejauh ini. Ia juga bisa meraih bola emas untuk pemain terbaik di Piala Dunia 2022, seperti yang didapatkannya ketika Argentina kalah di final oleh Jerman pada 2014.

Julian Alvarez (Argentina)

Alvarez menjadi bintang baru di Qatar. Pemain berusia 22 tahun itu bahkan tidak masuk dalam starting XI dalam dua pertandingan pertama Argentina. Namun sejak saat itu ia menjadi game changer untuk La Albiceleste. Pemain Manchester City itu telah menjadi starter dalam empat pertandingan terakhir, dan mencetak gol dalam tiga laga itu.

Kylian Mbappe (Prancis)

Mbappe mengawali Piala Dunia dengan gemilang usai mencetak tiga gol dan satu assist dalam dua pertandingan pertama Prancis. Dia kemudian memberikan dua gol dan satu assist untuk memperkuat kemenangan Prancis 3-1 atas Polandia di babak 16 besar. Dengan total lima gol di Qatar, pemain berusia 23 tahun itu bersaing mendapatkan sepatu emas dengan Messi.

Olivier Giroud (Prancis)

Ketika Prancis kehilangan Karim Benzema karena cedera jelang Piala Dunia, Olivier Giroud muncul sebagai pahlawan. Setelah gagal mencetak gol pada Piala Dunia 2018, Giroud kini berpeluang membawa pulang Sepatu Emas. Penyerang AC Milan itu telah mencetak empat gol di Qatar, sama dengan torehan Julian Alvarez.

Ia mencetak gol pada babak 16 besar yang menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis. Ia juga mencetak gol kemenangan Les Bleus ke gawang Inggris di perempat final.

Antoine Griezmann (Prancis)

Griezmann memang belum mencetak gol di Piala Dunia kali ini. Namun performanya justru yang paling mencuri perhatian. Ia menjadi pemain yang paling banyak membantu Prancis mencetak gol dengan 13 upaya. Pemain Atletico Madrid itu bahkan kerap menjadi bek tengah saat membantu timnya bertahan. Ia menjadi Player of the Match saat Prancis mengalahkan Inggris di perempat final. 

Pelatih Prancis Didier Deschamps memuji Griezman yang mampu bermain maksimal dengan peran baru yang lebih ke tengah. Ia bisa merebut bola, mengatur tempo, dan memasok operan penting bagi rekan-rekannya di depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement